nusabali

Shortcut Singaraja-Mengwitani di Titik 8 Sudah 64 %

  • www.nusabali.com-shortcut-singaraja-mengwitani-di-titik-8-sudah-64
  • www.nusabali.com-shortcut-singaraja-mengwitani-di-titik-8-sudah-64

SINGARAJA, NusaBali
Gubernur Bali, Wayan Koster meninjau progres pembangunan Shortcut Singaraja-Mengwitani pada Titik 8 yang berlokasi di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng pada Buda Umanis Tambir, Rabu (3/8).

Saat ini progres proyek shortcut tersebut sudah mencapai 64 persen dan ditargetkan rampung November nanti.   Dalam peninjauan kemarin, Gubernur Koster didampingi Kepala Dinas PUPR/Perkim Provinsi Bali Nusakti Yasa Wedha, Kasatker Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur-Bali Nyoman Yasmara, dan pelaksana proyek dari Sinar Bali-Citra, KSO.

Pembangunan Shortcut Singaraja-Mengwitani pada Titik 8 adalah satu kesatuan dari pogram pembangunan Jalan Baru Batas Kota Singaraja-Mengwitani Titik 7A, 7B, 7C yang merupakan salah satu program prioritas di era kepemimpinan Gubernur Bali, Wayan Koster dalam bidang pembangunan infrastruktur darat, laut, dan udara secara terkoneksi dan terintegrasi dalam visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

Dalam laporannya, Kadis PUPR/Perkim Provinsi Bali Nusakti Yasa Wedha didampingi Kasatker Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur-Bali Nyoman Yasmara, dan pelaksana proyek dari Sinar Bali-Citra, KSO mengungkapkan bahwa Pembangunan Jalan Baru Ruas Jalan Batas Kota Singaraja-Mengwitani khususnya pada Titik 8 ini memiliki panjang trase rencana jalan dan jembatan sepanjang 1.564 M yang terdiri dari, panjang trase jalan sepanjang 1.404 M dan panjang trase jembatan sepanjang 160 M. “Dalam capaian Pembangunan Jalan Baru Batas Kota Singaraja-Mengwitani Titik 7A, 7B, 7C dan Titik 8, saya laporkan progresnya sudah mencapai 64 persen dan akan selesai pada bulan November tahun 2022,” ungkap Nusakti Yasa Wedha di hadapan orang nomor satu di Pemprov Bali ini.

Sementara Gubernur Koster dalam hasil peninjaunnya kemarin menyatakan perkembangan progres pengerjaan Jalan Baru Batas Kota Singaraja-Mengwitani (Shorcut) khusus pada Titik 8 dinilai cukup baik. Sehingga pembangunan yang direncanakan selesai pada bulan November 2022 ini harus diselesaikan sesuai rencana, meskipun capaiannya sudah 64 persen dan masih ada cukup waktu untuk mengerjakannya.

Lebih lanjut, Gubernur Bali jebolan ITB ini kepada pelaksana proyek meminta supaya bekerja dengan sebaik-baiknya sebagai bentuk komitmen, tanggungjawab untuk mewujudkan bangunan yang berkualitas dengan tepat waktu sesuai kontrak. Sehingga menghasilkan pekerjaan yang bermutu dan kualitasnya betul-betul dapat diandalkan ke depan serta menjadi infrastruktur yang sangat baik.

“Selama ini hanya menjadi wacana, tapi baru saat ini bisa diwujudkan berkat kebersamaan Pemerintah Provinsi Bali berupa pengadaan lahan, dan komitmen Menteri PUPR RI, Bapak Basuki Hadimuljono untuk membangun fisiknya. Jadi ini pembangunan suatu yang baik dan bagus, meskipun dalam situasi pandemi, anggarannya sama sekali tidak mengalami refocusing, sehingga pembangunannya tetap bisa dilaksanakan,” tutup Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini.

Groundbreaking (peletakan batu pertama) Shortcut Titik 7A, Titik 7B, Titik 7C, dan Titik 8 berikut Anjung Pandang di perbatasan Desa Wanagiri-Desa Pegayaman-Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada ini telah dilakukan Gubernur Koster pada Wraspati Umanis Sinta, Kamis, 2 September 2021 lalu. Pihak penyedia akan mengerjakan shortcut sepanjang 2.165 meter termasuk jembatan ini dalam waktu 420 hari kalender.

Shortcut Titik 7A, 7B, 7C, dan Titik 8 ini sumber anggaran fisik sepenuhnya dari APBN melalui Kementerian PUPR. Sedangkan Pemprov Bali melakukan pembebasan lahan seluas 11,97 hektare, dengan anggaran Rp 83,73 miliar dari APBD Semesta Berencana Provinsi Bali.

Direktur Pembangunan Jalan Kementerian PUPR, Heri Vasa, sebelumnya mengatakan pembangunan Shorcut Titik 7A, 7B, 7C, dan Titik 8 tidak hanya akan memangkas 17 tikungan. Selain itu, juga memperbaiki elevasi jalan yang sebelumnya berada pada kemiringan lebih dari 10 persen, kini dirancang menjadi di bawah 10 persen.

Menurut Heri Vasa, untuk Shortcut Titik 7A, 7B, 7C akan memangkas tikungan yang jaraknya rata-rata 200 meter. Sedangkan di Shortcut Titik 8 akan dibangun jalan sepanjang 1.380 meter, termasuk dua jembatan dengan masing-masing 100 meter dan 60 meter. Pembangunan titik shortcut ini pun dirancang dapat mempercepat laju kendaraan dari semula hanya 20 km/jam menjadi 60 km/jam.  *nat

Komentar