nusabali

Tersisa 23.268 Warga yang Belum Divaksinasi Booster

  • www.nusabali.com-tersisa-23268-warga-yang-belum-divaksinasi-booster

DENPASAR, NusaBali
Vaksinasi dosis ketiga atau booster Covid-19 di Denpasar sudah mencapai 95,38 persen.

Jumlah warga yang sudah menerima vaksinasi booster ini sebanyak 480.351 orang. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar I Dewa Gede Rai, Rabu (13/7) siang, menyatakan sasaran vaksinasi booster ini sebanyak 503.619 orang. Vaksinasi booster ini akan terus digencarkan sehingga bisa 100 persen. Apalagi vaksinasi dosis ketiga ini akan menjadi syarat perjalanan, bahkan masuk mal atau pusat perbelanjaan.

“Saat ini tersisa 23.268 warga yang belum tervaksinasi atau 4,72 persen lagi,” ucapnya.   Dewa Rai mengatakan, untuk mempercepat cakupan vaksin sudah ada beberapa skema yang diterapkan. Pertama, mengintensifkan pelayanan di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang ada di Kota Denpasar. Kota Denpasar menyiagakan sebanyak 40 faskes mulai dari puskesmas, rumah sakit maupun klinik. “Jadi 40 fasyankes ini diminta untuk melayani vaksinasi agar cakupan booster semakin meningkat,” kata Dewa Rai.

Skema kedua yakni kembali menggelar vaksinasi massal di banjar maupun kantor desa. Dan skema ketiga yakni melakukan vaksinasi secara door to door ke rumah-rumah warga dan bekerjasama dengan kepala lingkungan maupun perbekel/lurah. “Jika nanti ada yang belum vaksinasi, apalagi untuk lansia dan disabilitas akan langsung disambangi ke rumahnya,” imbuhnya.

Selain dikarenakan akan dijadikan syarat perjalanan maupun masuk mal, percepatan vaksinasi booster ini dilakukan dikarenakan kasus positif Covid-19 mulai menunjukkan peningkatan. “Sehingga dengan vaksinasi booster ini kami membentuk kekebalan tubuh masyarakat (herd immunity) di tengah kembali adanya peningkatan kasus positif belakangan ini,” ucap Dewa Rai. *mis

Komentar