nusabali

Jelang Galungan, Badung Pantau Ketersediaan Stok Barang

  • www.nusabali.com-jelang-galungan-badung-pantau-ketersediaan-stok-barang

MANGUPURA, NusaBali
Selain menggelar pasar murah, jelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Badung juga gencar turun ke pasar-pasar memantau harga kebutuhan pokok.

Pemantauan bertujuan melihat langsung ketersediaan bahan pangan utama dengan harga yang stabil, sekaligus tersedianya data panel/informasi harga dan pasokan pangan di tingkat produsen, pedagang grosir dan pedagang eceran secara berkala.

“Pemantauan kami fokuskan di Pasar Kuta, Pasar Jimbaran, dan UD Dewata Sembako,” kata Kadis Koperasi, UKM, dan Perdagangan Badung I Made Widiana, Selasa (31/5).

Beberapa komoditas utama menjadi atensi tim, antara lain beras, jagung, cabai, bawang merah, daging, telur, kedelai, minyak goreng. “Terkait harga, setelah kita pantau di Pasar Kuta dan Pasar Jimbaran, keadaan saat ini harga sudah mulai menanjak, terutama barang-barang kebutuhan untuk hari raya yang akan datang,” kata Widiana.

Widiana memastikan ketersediaan barang untuk hari raya tercukupi, tetapi karena permintaan yang tinggi menyebabkan harga merangkak meningkat. “Walaupun harga mulai naik, untuk ketersediaan mencukupi dan pendistribusian pangan lancar,” ujarnya.

Kepada pembeli, mantan camat Kuta Selatan ini mengimbau harus bijak dan cerdas, sehingga bisa mengikuti perkembangan harga saat ini. “Masyarakat tidak perlu khawatir terhadap ketersediaan dan harga kebutuhan pokok menjelang Galungan dan Kuningan. Astungkara semuanya aman dan tercukupi,” tegas Widiana. *asa

Komentar