nusabali

Polres Karangasem Salurkan Bantuan Tunai Pangan

  • www.nusabali.com-polres-karangasem-salurkan-bantuan-tunai-pangan

AMLAPURA, NusaBali
Kapolres Karangasem, AKBP Ricko AA Taruna, bersama anggota bagikan bantuan tunai pangan untuk 6.000 KPM (keluarga penerima manfaat) di Mapolsek Manggis, Banjar Tanah Ampo, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Karangasem, Senin (25/4).

Hari pertama mengundang 969 KPM, masing-masing menerima Rp 300.000. Penyaluran bantuan tunai pangan ditarget tuntas Sabtu (30/4) nanti. Pantauan di lapangan, antrean warga terjadi sejak pagi hingga sore hari. Penyaluran bantuan tunai pangan dilayani di beberapa loket. Setiap KPM yang datang wajib memperlihatkan surat panggilan, lengkap berisi nama, NIK, barcode, dan KTP. Petugas menyocokkan KTP dengan surat panggilan, nama dan NIK mesti sesuai. Setelah dapat bantuan uang tunai Rp 300.000, warga difoto satu per satu kemudian langsung dilaporkan ke pusat secara online.

Puluhan anggota dikerahkan untuk kelancaran pelayanan terutama di beberapa loket yang didominasi anggota Polwan. Syukurnya di Mapolsek Manggis halamannya luas dan rindang sehingga yang antre masih bisa berteduh. Kapolres AKBP Ricko AA Taruna mengatakan, bantuan yang disalurkan bagi warga kurang mampu yang telah masuk daftar hasil verifikasi pusat. “Kami hanya menyalurkan, sesuai daftar nama untuk Karangasem dapat 6.000 KPM. Bantuan ini untuk warga kurang mampu untuk menguatkan ketahanan pangan masyarakat,” jelas AKBP Ricko AA Taruna.

Tiap hari rata-rata melayani 1.000 warga penerima. Salah satu warga penerima, Ni Luh Pujayanti mengaku bersyukur dapat bantuan Rp 300.000. “Saya berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan untuk menambah modal usaha, walau kecil tetapi sangat bermanfaat, mudah-mudahan bantuan berkelanjutan,” harap Pujayanti yang mengaku sebagai pedagang. Terpisah, Kepala Cabang Pembantu PT Pos Indonesia Amlapura, Ni Ketut Seriyani, mengaku belum juga tuntas menyalurkan bantuan BLT (bantuan langsung tunai) minyak goreng sejak Jumat (15/4). Sebanyak 7.550 KPM masuk daftar dapat BLT di Kecamatan Karangasem yang tersebar di 11 desa/kelurahan dengan nominal Rp 2,265 miliar.

Buat sementara terealisasi 7.385 KPM dengan nominal Rp 2,215 miliar. Masih tersisa 165 KPM tersebar di Desa Bugbug sebanyak 8 KPM, Desa Pertima sebanyak 12 KPM, Kelurahan Subagan sebanyak 18 KPM, Kelurahan Padangkerta sebanyak 20 KPM, Kelurahan Karangasem sebanyak 24 KPM, Desa Tumbu sebanyak 8 KPM, Desa Tegallinggah sebanyak 15 KPM, Desa Bukit sebanyak 20 KPM, Desa Seraya Barat sebanyak 12 KPM, Desa Seraya Tengah sebanyak 18 KPM, dan Desa Seraya Timur sebanyak 10 KPM. “Warga yang belum terima bantuan BLT minyak goreng karena sakit, tidak bisa datang. Nanti kami bawakan ke rumah-rumah warga,” kata Seriyani. *k16

Komentar