nusabali

Buleleng Kirim 16 Pramuka Penggalang ke Jamnas 2022

  • www.nusabali.com-buleleng-kirim-16-pramuka-penggalang-ke-jamnas-2022

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 16 pramuka penggalang di Kabupaten Buleleng lolos seleksi Jambore Nasional (Jamnas). Seleksi yang diikuti 24 peserta, digelar di Sanggar Bakti Pramuka di Gedung Pramuka Qumarasthana Singaraja, Sabtu (23/4) hingga Minggu (24/4).

“Seleksi dilakukan karena ada pembatasan jumlah peserta di tingkat nasional terkait pandemi Covid-19,” kata Ketua Komisi Pembinaan Anggota Muda (Bina Muda) Kwarcab Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata.

Puluhan peserta seleksi Jamnas itu sebelumnya merupakan peserta Jambore Daerah (Jamda) yang dilangsungkan di Monumen Margarana, Tabanan beberapa waktu lalu. Seleksi dilakukan untuk mencari regu putra sebanyak 8  orang, dan regu putri juga 8 orang. Saat Jamnas, Kontingen Buleleng akan disertai oleh dua pendamping.

Seleksi dilakukan sebagai kegiatan  untuk memantapkan persiapan Kontingen Kwarcab Buleleng menuju Jambore Nasional. Masing-masing peserta dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan kepramukaan, sehingga mereka bisa tampil maksimal dalam pertemuan besar pramuka penggalang di tingkat nasional.

Sementara itu dari 16 peserta yang akan diberangkatkan ke Jamnas, seorang diantaranya lolos menjadi pengibar bendera saat Jamnas di Cibubur nanti. Putu Gueswita Cieria Sayang perwakilan dari Kwarran Busungbiu sebelumnya mengikuti seleksi Tim Pengibar Bendera Jamnas dan dinyatakan lolos.

Jambore Nasional XI Gerakan Pramuka Tahun 2022 rencananya dilaksanakan 14-21 Agustus 2022,di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka  (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur. “Semoga ajang Jambore Nasional dapat menjadi pengalaman untuk meningkatkan prestasi pramuka penggalang Buleleng,” kata Surya Bharata yang juga Ketua Komisi Bina Muda ini. *k23

Komentar