nusabali

Gianyar Dog Show 2022 Diikuti 103 Anjing Berbagai Ras

  • www.nusabali.com-gianyar-dog-show-2022-diikuti-103-anjing-berbagai-ras

GIANYAR, NusaBali - Sebanyak 103 ekor anjing dari berbagai ras ramaikan Gianyar Dog Show 2022 di GOR Kebo Iwa Gianyar, Sabtu, (23/4).

Dog show yang digelar selama dua hari tersebut menghadirkan juri all breed asal Indonesia yakni Dr Andi Hudono SpOG, drg Jonatan Mesach, drg Evy Wijaya, dan Deddy Cahyono. Dog show yang kali pertama digelar di Gianyar ini dibuka secara resmi oleh Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra.

Ketua Panitia I Putu Ricang Kusumajaya mengatakan, tujuan utama Gianyar Dog Show 2022 untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat bagaimana memelihara anjing yang bertanggung jawab dan berkualitas. Hal ini penting lantaran di Bali masih terjadi wabah penyakit rabies, termasuk di Kabupaten Gianyar.

“Kami berharap masyarakat pecinta anjing yang ikut pameran ini membantu pemerintah dalam hal edukasi ke masyarakat berkaitan dengan pemeliharaan anjing yang sehat,” kata Ricang Kusumajaya.

Ricang Kusumajaya yang juga Ketua HTKAB (Himpunan Trah Anjing Kintamani Bali), mengatakan, kegiatan ini sekaligus untuk mensosialisasikan dan menyandingkan anjing Kintamani kebanggaan Indonesia dengan ras lainnya. Ras anjing Kintamani merupakan satu-satunya anjing ras Indonesia yang diterima sebagai ras dunia.

“Dog show ini lebih ke anatomi. Jadi anatomi yang terbaik, umpamanya dari anjing Kintamani, Golden. Semua trah diadu untuk memperebutkan piala bergilir Bupati Gianyar. Kami juga akan memberikan CAC (Certificat d’Aptitude au Championnat),” imbuh Richang Kusumajaya.

Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra sangat menyambut baik pelaksanaan Dog Show 2022. Dengan digelarnya lomba anjing ini, diharapkan para pecinta anjing dapat membantu pemerintah mengedukasi masyarakat memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan hewan peliharaannya terutama anjing. Antara lain dengan tidak meliarkan, pemberian makan yang sehat, divaksinasi secara rutin serta diobati bila sakit. Sehingga penyebaran virus rabies dapat diminimalisir bahkan dihilangkan.

“Intinya mari kita bersama-sama berantas rabies, karena masalah rabies tidak hanya bisa dituntaskan oleh pihak tertentu saja, tapi peran aktif seluruh masyarakat sangat diperlukan,” kata Bupati Mahayastra.

Bupati Mahayastra menambahkan, setelah beberapa penataan dilakukan, Gianyar menjadi salah satu kota kecil yang sangat cantik, bersih, aman, nyaman, dan harmonis. Sehingga banyak event yang melirik Gianyar sebagai tempat penyelenggaraan. Dengan banyaknya event yang dilaksanakan di Kabupaten Gianyar, diharapkan dapat menghidupkan perekonomian. Untuk itu, diharapkan lomba anjing ini menjadi perlombaan yang tetap dilaksanakan di tahun-tahun selanjutnya serta meningkat jenis lombanya. 

“Segala profesi, hobi, dan event-event apapun sekarang sudah antre. Karena melihat Gianyar itu sekarang menjadi ikon yang menarik. Sebentar lagi di bulan Mei ada pamnas bonsai,” ucap Bupati Mahayastra. 7 nvi

Komentar