nusabali

Buleleng Coba Pembersihan Pipa Berteknologi dari Korea

Raih Predikat BUMD Air Minum Terbaik

  • www.nusabali.com-buleleng-coba-pembersihan-pipa-berteknologi-dari-korea

SINGARAJA, NusaBali
Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Hita Buleleng mendapatkan kesempatan untuk mencoba teknologi pembersihan pipa dari Korea Selatan.

Demo pembersihan pipa menggunakan nitrogen tekanan tinggi tersebut diawali di kawasan Bangkiang Sidem, Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Rabu (13/4) pagi.

300 tabung nitrogen tampak distandbykan di jembatan Bangkiang Sidem. Tabung-tabung nitrogen tersebut telah dihubungkan dengan alat berteknologi canggih yang telah terkoneksi dengan pipa air Perumda Tirta Hita yang sudah berumur 42 tahun. Uji coba ini dilakukan pada pipa sepanjang 4,2 kilometer ke arah utara Buleleng hingga reservoir (bak penampung air) di Lingkungan Bantang Banua, kelurahan/Kecamatan Sukasada, Buleleng. Demonstrasi teknologi tersebut dibiayai penuh oleh perusahaan Ssenypank Korea Selatan.

Dirut Perumda Tirta Hita Buleleng I Made Lestariana mengatakan, uji coba teknologi pembersihan pipa ini pertama kali di Indonesia. Buleleng mendapatkan kesempatan emas karena selama ini menyandang predikat BUMD terbaik di Indonesia.

Menurut Lestariana uji coba teknologi pembersihan pipa dengan nitrogen ini sangat bermanfaat. Sebab banyak jaringan pipa distribusi Perumda Tirta Hita yang sudah berumur dan belum pernah dibersihkan. “Selama ini belum ada yang mengembangkan pembersih pipa dan baru dilakukan dengan tekanan air. Tetapi tidak efektif. Kotoran yang menempel pada pipa tidak mudah dibersihkan, sehingga  banyak pipa yang diameternya mengecil dan ada zat asing juga yang tidak baik bagi kesehatan,” tutur lestariana.

Menurutnya, pembersihan pipa memang harus rutin dilakukan sehingga pelayanan air tetap maksimal dan kualitas air terjaga. Perumda Tirta Hita pun mengaku akan mempertimbangkan mengadopsi teknologi itu di Buleleng, jika hasil pembersihannya bagus dan efektif.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana hadir menyaksikan uji coba itu. Dia mengatakan mendukung Perumda Tirta Hita Buleleng mengadopsi teknologi tersebut, jika hasilnya bagus. Menurutnya pembersihan pipa dengan teknologi tepat guna bisa mengirit belanja modal.

“Kalau memang berhasil dan bagus, ini bisa mengirit belanja modal. Perumda tidak perlu melakukan pemeliharaan dengan mengganti pipa baru, karena pembersihan bisa menambah umur pipa, selain juga mendapatkan kualitas air yang lebih baik,” ungkap Agus Suradnyana.

CEO Ssenypank Kim Byeong Jun memaparkan teknologi pembersihan pipa dengan nitrogen bertekanan tinggi aman digunakan pada pipa air. Bahkan dia menjaminkan tidak akan ada kebocoran, karena tekanan tinggi pada tabung nitrogen sudah dikonversi oleh alat khusus. Nitrogen yang masuk ke dalam pipa tekanannya sangat rendah.

“Kami menggunakan gas nitrogen karena telah terbukti dapat membersihkan kotoran dalam pipa dengan tingkat tinggi. Selain juga karena nitrogen kandungan gas tertinggi di udara, sifatnya sangat ringan sehingga sangat efektif dan aman digunakan dalam pembersihan pipa air,” kata Byeong Jun, melalui penerjemah. *k23

Komentar