nusabali

Bupati Giri Prasta Buka Rakerda DPD KNPI Badung

Gandeng Pemuda untuk Membangun Daerah

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-buka-rakerda-dpd-knpi-badung

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta membuka resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Perwakilan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Badung periode 2021-2024 di Ruang Kriya Gosana Puspem Badung, Selasa (12/4).

Bupati Giri Prasta menyebut, keberadaan pemuda juga menjadi tonggak pergerakan, termasuk dalam proses pembangunan yang ada di Kabupaten Badung. Turut hadir anggota DPRD Badung IGA Agung Inda Trimafo Yudha, Ketua DPD KNPI Bali Nyoman Gede Antaguna beserta jajaran. Kemudian perwakilan Dinas Pendidikan Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Badung, perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Badung, serta perwakilan Organisasi Kepemudaan Kabupaten Badung.

Bupati Giri Prasta mengatakan, pemuda memiliki peran penting dalam pembangunan nasional dan daerah, terlebih saat ini Indonesia tengah mengalami bonus demografi, di mana jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) lebih besar daripada jumlah penduduk non produktif. Karena itu, keberadaan pemuda juga menjadi tonggak pergerakan, termasuk dalam proses pembangunan yang ada di Kabupaten Badung.

“Kami selalu menggandeng KNPI untuk bersama-sama membangun Badung terlebih saat ini ada tagline KNPI Jaya Badung Sejahtera, sehingga kolaborasi ini kita lakukan dengan baik,” ujar Bupati Giri Prasta.

Sebagai organisasi kepemudaan yang menjadi suri tauladan, Bupati Giri Prasta mengajak semua elemen di KNPI Badung untuk selalu tegak lurus pada legalitas hukum yang diakui Kemenkumham RI dalam menyikapi isu dualisme kepengurusan KNPI Pusat. “Terkait adanya isu perpecahan pengurus KNPI kami tegak lurus dengan yang diakui pemerintah melalui Kemenkumham. Kita harus laksanakan itu, karena kita negara hukum, sehingga harus hormat dan tunduk,” tegasnya.

Bupati Giri Prasta juga mempersilahkan kepada DPD KNPI Badung, memilih fasilitas milik Pemkab Badung, apabila dibutuhkan untuk kantor sekretariat. Beberapa opsi ditawarkan, seperti ruangan lantai III di Balai Budaya Giri Nata Mandala atau salah satu bangunan Perumahan Praja Kabupaten Badung, yang masih sangat representatif untuk difungsikan sebagai kantor. “Kepada Ketua KNPI Badung beserta jajaran silahkan menggunakan fasilitas yang kita miliki, kalau mau dipakai itu akan menjadi sebuah kebanggaan bagi kami, karena bagaimanapun anggota KNPI Badung merupakan anak-anak kami semua,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Badung Made Tomy Martana Putra, menyampaikan sebuah kehormatan karena telah dipercaya untuk menahkodai DPD KNPI Badung. Dengan adanya dukungan yang diberikan oleh elemen organisasi kepemudaan Kabupaten Badung dalam rakerda tersebut, pihaknya berharap DPD KNPI Badung mampu bersinergi dengan pemerintah kabupaten untuk merealisasikan program kerja positif dalam memajukan pemuda masyarakat dan daerah.

“Kami juga merasa sangat gembira karena Rakerda DPD KNPI Kabupaten Badung periode 2021-2024 dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Bupati Badung Nyoman Giri Prasta yang merupakan tokoh pemimpin idola kaum milenial saat ini. Kami layaknya sedang bermain bola yang ditonton oleh Ronaldo. Geroginya luar biasa, namun sangat bahagia,” kata pemuda asal Pecatu Kuta Selatan ini.

Sementara, Ketua DPD KNPI Bali Nyoman Gede Antaguna berharap Rakerda DPD KNPI Badung mampu mendorong perkembangan KNPI Badung ke depan. Pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Giri Prasta karena ditengah kesibukan aktivitasnya, masih menyempatkan diri untuk memberikan perhatian yang begitu besar bagi perkembangan anak muda. “Semoga perhatian bapak bupati yang begitu besar kepada anak muda akan menjadi teladan inspirasi dan semangat dalam menjalankan program kerja KNPI Badung ke depannya, sehingga semua itikad baik DPD KNPI Badung gayung bersambut dalam tagline KNPI Jaya Badung Sejahtera,” ucapnya. *ind

Komentar