nusabali

Pungut Sampah Plastik di Pantai, Belanja Hasil Bumi di Pasar Rakyat

Aksi Para PNS di Kabupaten Gianyar Peringati Rahina Tumpek Wayang

  • www.nusabali.com-pungut-sampah-plastik-di-pantai-belanja-hasil-bumi-di-pasar-rakyat

Bupati Gianyar pimpin jajarannya berbelanja hasil bumi di Pasar Rakyat Gianyar sebagai bentuk perayaan upacara ‘Jagat Kerthi’ Tumpek Wayang.

GIANYAR, NusaBali 
Gubernur Bali Wayan Koster mencetuskan rahina Tumpek sebagai tata titi kehidupan masyarakat Bali. Peringatan Tumpek pun semakin masif dilakukan oleh masyarakat Bali, khususnya kalangan pemerintah baik sekala maupun niskala. Secara niskala digelar persembahyangan bersama, secara sekala digelar lewat aksi nyata merawat bumi. Di Gianyar, implementasi Tumpek Wayang pada Saniscara Kliwon Wuku Wayang, Sabtu (5/3) dimaknai dengan aksi pungut sampah plastik di sepanjang pantai Gianyar dan berbelanja hasil bumi di Pasar Rakyat Gianyar.

Pungut sampah plastik dilaksanakan di tiga tempat, yaitu Pantai Siyut Kecamatan Gianyar, Pantai Masceti Kecamatan Blahbatuh dan Pantai Lembeng Kecamatan Sukawati. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya yang ikut membersihkan sampah di Pantai Masceti mengatakan kegiatan ini merupakan program Pemprov Bali yang bertujuan membersihkan lingkungan dari sampah, terutama sampah plastik. 

Foto: Bupati Gianyar Made ‘Agus’ Mahayastra pilih kacang panjang di Pasar Rakyat Gianyar. -IST

"Mari kita tingkatkan kesadaran dalam masalah sampah ini. Sampah sebisanya diselesaikan di hulu, agar residu yang ke TPA seminimal mungkin, apalagi Bapak Bupati sedang gencar membangun TPS3R. Manfaatkan itu, jangan membuang sampah ke sungai atau ke tempat-tempat yang tidak semestinya," ucap Sekda Wisnu Wijaya didampingi Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan I Wayan Sadra serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar Ni Made Mirnawati.

Kegiatan Resik Sampah Plastik ini diikuti pegawai di lingkup Pemkab Gianyar, prajuru desa adat, serta pengurus Forum Perbekel Kabupaten Gianyar. “Tidak hanya melibatkan PNS, tetapi kita berharap seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Gianyar khususnya dan Bali pada umumnya untuk ikut melaksanakannya,” jelas Wayan Sadra menambahkan. 

Dari kegiatan Sekala Jagat Kerthi resik sampah plastik ini terkumpul 15 kubik sampah yang terdiri dari 3 kubik sampah plastik dan 12 kubik sampah organik sisa upacara. Sampah yang terkumpul lalu dibawa ke TPA Temesi guna dipilah dan diolah lebih lanjut.

Foto: PNS berkaos merah serentak belanja memaknai Tumpek Wayang sebagai life style di Pasar Rakyat Gianyar. -IST

Sementara itu, Bupati Gianyar Made ‘Agus’ Mahayastra memimpin seluruh jajaran untuk berbelanja hasil pertanian organik dan hasil bumi di Pasar Rakyat Gianyar, Sabtu kemarin. Berbelanja ini sebagai bentuk perayaan upacara Jagat Kerthi saat Tumpek Wayang. Didampingi istri dan anak-anaknya, Bupati Mahayastra membeli berbagai hasil bumi seperti sayur mayur, daging, berbagai hasil laut, ubi, sarana upakara dan produk olahan lainnya.

Dipilihnya Pasar Rakyat Gianyar sebagai tujuan belanja produk pertanian mengingat Pasar Rakyat Gianyar merupakan pasar tradisional termegah yang ada saat ini. Diharapkan akan menjadi sentra perekonomian masyarakat Gianyar. Di samping itu, kebanyakan petani Gianyar menjual hasil pertaniannya di Pasar Rakyat Gianyar. 7 nvi

Komentar