nusabali

Bantuan Pangan Non Tunai Cair, Per KK Terima Rp 600.000

  • www.nusabali.com-bantuan-pangan-non-tunai-cair-per-kk-terima-rp-600000

AMLAPURA, NusaBali
BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) di Kabupaten Karangasem dibagikan kepada 28.508 kepala keluarga (KK), pada 27 Februari hingga 1 Maret 2022.

Berbeda dengan BPNT sebelumnya, pembagian BPNP kali ini di kantor pos tiap kecamatan dibayar tunai.  Sebelumnya BPNT dibagikan dalam bentuk barang, warga penerima bantuan mendatangi  warung yang dituju, dengan membawa kartu e-warung senilai Rp 200.000 per bulan.

“Kali ini bantuan dibayar tunai, dirapel selama tiga bulan, Januari-Maret, tiap KK penerima bantuan mendapatkan uang tunai Rp 600.000,” jelas Kepala Cabang Pembantu PT Pos Kecamatan Bebandem I Ketut Merta di sela-sela melayani pembagian bantuan di Banjar Desa, Desa Bebandem, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Senin (28/2).

Bantuan untuk Kecamatan Bebandem menyasar 8 desa sebanyak 3.480 KK dengan nilai Rp 2,088 miliar. Tiap hari penyaluran bantuan untuk tiap tiga desa. Delapan desa yang dapat bantuan masing-masing: Desa Jungutan sebanyak 541 KK, Desa Bhuana Giri 564 KK, Desa Bebandem 530 KK, Desa Macang 94 KK, Desa Bungaya 428 KK, Desa Budakeling 318 KK, Desa Sibetan 471 KK, dan Desa Bungaya Kangin 534 KK.

Pembagian bantuan juga dilakukan di Kantor Cabang Pembantu PT Pos Amlapura, di Jalan Gatot Subroto, di Kantor Cabang Pembantu PT Pos Kecamatan Selat yang bergabung dengan Kecamatan Sidemen di Banjar Selat Kelod, Desa Selat, Kecamatan Selat, dan di kantor pos lainnya.

Ni Wayan Sumatri dari Banjar Kastala, Desa/Kecamatan Bebandem mengaku dapat bantuan Rp 600.000. “Sekarang dapat  bantuan berupa uang tunai, sebelumnya berupa barang, justru jelang hari raya lebih baik dapat bantuan tunai bisa digunakan untuk keperluan upacara,” jelas Sumatri.

Warga lainnya Ni Nengah Degdeg dari Banjar Darma Laksana, Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem, juga mengatakan demikian. “Kami menyukuri dapat bantuan tunai jelang hari raya,” katanya.

Di bagian lain Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Komang Daging mengakui, bantuan BPNT kali ini ada kebijakan, dari Kementerian Sosial, dijadikan tunai. “Bantuannya kali ini berupa tunai, sehingga warga nanti lebih mudah menggunakan untuk keperluan upacara. Kali ini bantuan disalurkan untuk tri wulan I, Januari-Maret,” jelas I Komang Daging. *k16

Komentar