nusabali

Ni Putu Tirka Widanti Dilantik sebagai Rektor Universitas Ngurah Rai 2022-2026

  • www.nusabali.com-ni-putu-tirka-widanti-dilantik-sebagai-rektor-universitas-ngurah-rai-2022-2026

DENPASAR, NusaBali.com – Dr Ni Putu Tirka Widanti SS MBA MHum MM kembali dipercaya sebagai Rektor Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar. Srikandi dunia pendidikan ini bakal memimpin UNR masa bakti 2022-2026.

Pelantikan sekaligus pengukuhan Tirka Widanti dilakukan langsung oleh Ketua Yayasan Jagadhita Dr Drs Anak Agung Gede Raka MSi pada  Selasa (15/2/2022) siang. 

Pada kegiatan yang dilakukan di Auditoriun UNR, turut dilantik dan dikukuhkan Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Direktur, dan Sekretaris Pascasarjana, Dekan, Wakil Dekan dan Kaprodi perguruan tinggi yang sudah berusia 42 tahun tersebut.

AA Gede Raka berharap pelantikan dan pengukuhan pejabat struktural UNR masa bakti 2022-2026 bisa membawa UNR menapak lebih maju lagi. “Universitas Ngurah Rai sudah berusia 42 tahun. Semangat dan idealisme dari para pendiri harus tetap dijaga,” pesan AA Gede Raka.

Ketua Yayasan Jagaditha ini pun mengilas balik perjalanan UNR yang berdiri pada 22 Mei 1979 sekaligus menjadi universitas tertua kedua di Pulau Dewata.  “Awal berdiri serba kekurangan sumber daya manusia (SDM), sarana, dan prasarana. Namun berkat bantuan semua pihak, Universitas Ngurah Rai  bisa seperti ini.  Maka dari itu pejabat yang dilantik hari ini agar selalu mengingat jasa para pendahulu,” petuah AA Gede Raka. 

Di era globalisasi yang banyak memanfaakan kemauan teknologi, AA Gede Raka pun berpesan agar para pejabat yang dilantik mengoptimalkan kerja sama dengan berbagai pihak. Selain itu diingatkan agar semua bekerja secara team work dan menciptakan 
pola komunikasi yang terstruktur.

Sementara itu Ni Putu Tirka Widanti menyatakan siap menjalankan amanah dan kepercayaan sebagai Rektor UNR 2022-2026.  “Tantangan ke depan tentu saja terkait dengan masa pandemi sehingga ada challenge yang harus dihadapi,” kata rektor kelahiran Tabanan, 24 September 1967 ini. 

Tirka Widanti sendiri sebelumnya dilantik menjadi Rektor UNR pada 3 Agustus 2020 melanjutkan masa jabatan Dr Drs Nyoman Sura Adi Tanaya MSi yang berpulang.  Kinerja bagus akademisi yang juga aktif dalam berbagai organisasi itu pun membuat dirinya masuk dalam penjaringan tiga kandidat rektor, sebelum akhirnya dipercaya kembali memimpin UNR.

“Kami akan melanjutkan program-program terdahulu yang sudah berjalan dengan baik, dan yang belum menjadi PR yang harus dilanjutkan,” kata perempuan yang meraih gelar Master of Business Administration di Warnborough University, UK, pada 2003 ini.

Tirka Widanti akan didampingi Dr Ade Maharini Adiandari SSos MM (Wakil Rektor 1),  Dr Drs I Made Sumada MM MSI (Wakil Rektor 2), dan  Dr Gede Wirata SH SSos MAP (Wakil Rektor 3).

Pelantikan dan pengukuhan pejabat struktural di lingkup UNR adalah siklus empat tahunan.  Kepengurusan masa bakti 2018-2022 sendiri akan berakhir pada 18 Februari 2022, sehingga untuk tata kelola kesinambungan dilakukan pelantikan dan pengukuhan pada Selasa (15/2/2022).

Komentar