nusabali

BVA Minta Aturan Hambat Wisman Tuntas

  • www.nusabali.com-bva-minta-aturan-hambat-wisman-tuntas

Bali siap bakal gelar berbagai event skala regional, nasional hingga internasional

DENPASAR,NusaBali

Bali Villa Association (BVA) meminta semua aturan atau ketentuan yang menghambat kedatangan wisatawan khususnya wisatawan mancanegara ke Bali segera bisa diselesaikan. Dengan demikian tahun 2022, pariwisata Bali secara perlahan bisa bangkit kembali.

Hal itu seiring dengan akan digelarnya sejumlah event, baik yang berskala nasional, regional dan internasional yang akan digelar di Pulau Dewata.

Ketua Bali Villa Association (BVA) Putu Gede Hendrawan menegaskan hal itu Rabu (15/12). Dijelaskan Hendrawan, selain pertemuan G20, juga ada event-event lain yang akan digelar pada tahun 2022 nanti.  Pertemuan atau event tersebut  diantaranya  konferensi  Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dengan 500 peserta plus anggota keluarganya.

Juga perayaan  Hari Pariwisata se Dunia atau World Tourism Day. “Kami di BVA sudah sangat siap menyongsong event-event tersebut,” ujarnya.

Selain event-event, tentunya kembali mengalir  wisman datang ke Bali sebagaimana sebelum pandemi. Walau tidak secara spontan, namun secara perlahan-lahan semakin banyak dan stabil.

“Karena kita di Bali secara umum sudah siap menerima wisman,” pria asal Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Badung.

Kesiapan tersebut, mulai dari  tingkat vaksinasi masyarakat Bali, kasus  Covid-19 yang terus melandai dan disiplin masyarakat menerapkan prokes.

Sedang hambatan- hambatan yang menyebabkan  witawan mancanegara masih belum datang  diantaranya masalah  visa. BVA  meminta, agar  visa on arrival  atau VOA diberlakukan kembali. Kemudian masalah penerbangan langsung.

“ Mudah-mudahan tahun 2022 agar tuntas,” kata Hendrawan. Sementara menjelang liburan Natal dan Tahun Baru, tingkat hunian di villa mulai menunjukkan adanya peningkatan. Sampai pertengahan Desember ini, tingkat hunian antara 60 -70 persen. Semuanya didominasi wisatawan domestik.

“Memang wisdom handalan kita sekarang ini, “ ujar Hendrawan. Jumlah anggota BVA Bali saat ini sebanyak 100 villa (perusahan).

Sebelumnya diberitakan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)  Kabupaten Badung, akan ‘mengadukan’ regulasi atau  kebijakan- kebijakan  yang dinilai menghambat kedatangan wisman ke Bali. Kebijakan tersebut adalah  soal  karantina,  visa  dan  policy flight. *K17

Komentar