nusabali

Berkesenian Adalah Sebuah Yadnya

  • www.nusabali.com-berkesenian-adalah-sebuah-yadnya

Dengan asesoris kaca mata, Wayan Suryawan, sebagai penasar punta, dalam grup Susik CS, tampak tidak banyak berbicara. Ia dengan penampilan polosnya, dikenal lebih banyak menarikan tari Topeng Sidakarya dalam setiap penampilan.

Sementara ini, ia bergabung kembali dengan teman lamanya yakni Susik CS, karena sudah berkomitmen untuk fleksibel dalam berkesenian. Pria yang suka tirtayatra ini mengaku, semasih pola fleksibel masih ditetapkan dalam grupnya, ia akan tetap menjalani kesenian bondres tersebut.

Selain itu, Suryawan yang bertugas menarikan Tari Topeng Sidakarya, saat ada job dalam pelaksanaan yadnya, merupakan tanggungjawab yang berat untuknya. Karena untuk tari Topeng Sidakarya tidak dapat ditarikan oleh sembarang orang.

Ia pun harus menjalani proses pawintenan terlebih dahulu sebelum pertama kalinya menarikan tari topeng Sidakarya. Pria 38 tahun ini pun berpendapat, seni itu tetap akan ada sepanjang masih ada upacara yadnya di Bali. Sebagai salah satu warga Bali, ia pun bangga dapat berpartisipasi melestarikan kesenian dan kebudayaan Bali yang tersohor ke manca negara.7 k23


Biodata Suryawan
-------------------------
Nama   : Wayan Suryawan

TTL     : Pacung 1 Juli 1977

Hoby   : Tirtayatra

Istri      : Komang Suryani

Alamat  : Desa Pacung, Kecamatan Tejakula, Buleleng


Riwayat Pendidikan
-------------------------

SD Tahun 1983-1988              : SDN 1 Pacung

SMP 1988-1991                      : SMPN 1 Tejakula

SMA 1991-1994                     : SMKN 1 Blahbatuh

Pekerjaan                                 : Petani

Komentar