nusabali

50 Persen Kios dan Los Lantai IV Pasar Badung Tutup

  • www.nusabali.com-50-persen-kios-dan-los-lantai-iv-pasar-badung-tutup

DENPASAR,NusaBali
Dampak pandemi Covid-19 membuat sebanyak 50 persen kios dan los di Lantai IV Pasar Badung, Denpasar harus tutup.

Selain di lantai IV, kios dan los di lantai III juga banyak yang tutup dengan persentase sekitar 40 persen. Mereka memilih tutup karena tidak ada pembeli.  Hal tersebut dikatakan Dirut Perumda Pasar Sewakadharma Kota Denpasar, IB Kompyang Wiranata, Selasa (21/9). Menurut Gus Kowi sapaannya, untuk kios dan los di lantai III dan IV Pasar Badung sebelum pandemi memang penjualannya sudah tidak maksimal. Dengan adanya Pandemi Covid-19, penjualan mereka semakin sepi.

Selain itu, beberapa kios dan los juga ada yang buka tutup karena sepinya pembeli. Menurutnya, selain dampak pandemi, ada beberapa pedagang yang mengeluh tempatnya terlalu tinggi. “Namun keluhan itu kan tidak masuk akal karena dulu kan Pasar Badung juga lantai III,” katanya Gus Kowi.  Selain itu, beberapa pedagang kios juga mengeluh karena tempat berjualannya sempit sehingga kurang leluasa menaruh barang. Karena menurutnya kebanyakan pedagang yang berjualan di kios adalah pedagang grosiran.

“Kebanyakan yang masih buka di lantai III dan IV pedagang los, yang berjualan baju-baju dan sejenisnya. Kalau kios terkendala sempit. Ada yang menyewa dua kios namun belum bisa tempatnya dijadikan satu karena pengelolaannya belum diserahkan kepada Perumda sehingga belum bisa kami tata,” imbuhnya.

Mantan Ketua Komisi II DPRD Kota Denpasar ini mengatakan, untuk pengelolaan Pasar Badung menggunakan sistem perjanjian kerjasama pemanfaatan dengan Pemkot Denpasar. Akan tetapi saat ini masih sedang berproses sehingga pengelolaan Pasar Badung belum maksimal. Pihaknya juga belum bisa memperbaiki beberapa fasilitas yang mengalami kerusakan seperti lift dan eskalator karena belum diserahterimakan. “Itu kendala kami, karena pengelolaannya belum diserahkan kepada kami oleh Pemkot Denpasar, sekarang masih berproses,” ujarnya. *mis

Komentar