nusabali

Gubernur Koster Ajak Komponen Pariwisata Bali Kompak

'Dukung Pemerintah, Agar Cepat Terwujud One Island Green Zone'

  • www.nusabali.com-gubernur-koster-ajak-komponen-pariwisata-bali-kompak

DENPASAR, NusaBali
Gubernur Bali Wayan Koster mengajak semua komponen pariwisata untuk kom¬pak dan berkomitmen penuh mendukung upaya pemerintah mewujudkan bang¬kit¬nya pariwisata Bali dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Semua diminta solid, hilangkan egoisme. dan bersama-sama membangun Bali. Permintaan ini disampaikan Gubernur Koster saat menerima rombongan pelaku pariwisata Bali, asosiasi pariwisata, dan PHRI Bali di Rumah Jabatan Komplek Jaya Sabha Denpasar, Kamis (16/9). Ikut dalam rombongan pelaku pariwisata yang bertemu Gubernjur Kostrer kemarin, antara lain, Ketua Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali, Yoga Iswara. Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Atha Ardana Sukawati alias Cok Ace, yang sekaligus menjabat Ketua PHRI Bali, juga ikut hadir.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Koster meminta komponen pariwisata ikut mendukung upaya yang dilakukan Pemprov Bali. "Jadikan ini komitmen kita bersama, agar bisa secepatnya mewujudkan one island green zone. Kalau kita mau lebih cepat, kita harus sama-sama solid, komit, dan meredam egoisme," pinta Gubernur Koster.

Gubernur Koster menyebutkan, membangkitkan pariwisata Bali merupakan sebuah keinginan bersama, baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat. "Tidak perlu diragukan bahwa untuk pariwisata, saya dan Pak Wagub Cok Ace punya komitmen untuk membangkitkan pariwisata Bali. Jadi, tidak perlu ragu, bahkan 1 persen pun tidak perlu diragukan," jelas Gubernur yang juga Ketua DPC PDIP Bali ini.

Unuk itu, Gubernur Koster menegaskan agar bisa bangkit, komponen pariwisata Bali harus bersama melaksanakan sinergi dan gotong royong. "Saya mengajak semuanya untuk menyatukan kekuatan kolektif, jangan ada yang malah ngerecokin. Ini untuk mewujudkan kebangkitan pariwisata Bali," katanya.

Menurut Koster, pihaknya bersama jajaran telah berupaya sangat keras untuk mengendalikan pandemi Covid-19 di Bali, yang disebutnya sempat mengalami lonjakan kasus dalam beberapa bulan terakhir, terlebih sejak masuknya varian Delta yang memiliki tingkat penularan tinggi. Namun, berkat kerja keras, sekarang kasus Covid-19 di Bali sudah mulai melandai.

“Meski demikian, kita harus memahami betul bahwa kasus positif Covid-19 sangat berpengaruh terhadap kedatangan wisatawan ke Bali. Jika kasus sudah rendah, tanpa diundang pun pasti akan datang wisatawannya. Karena itulah, tidak ada pilihan lain selain mengendalikan kasus Corona di Bali," tegas politisi senior PDIP asal De-sa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini.

Koster mengatakan, program penanganan pasien Covid-19 yang terkelola dengan baik, lalu diikuti oleh kegiatan vaksinasi dan dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di masyarakat, akan menjadi elemen vital untuk memastikan terkendalinya kasus di Bali. "Jadi, saya minta dukungan, terutama para pelaku pariwisata untuk mensukseskan kebijakan-kebijakan ini," terang Koster.

Koster juga meyakini para pelaku pariwisata di Bali adalah orang-orang profesional, yang sangat unggul dari sisi SDM. Mereka akan sangat berkompeten nantinya dalam mendukung bangkitnya pariwisata Bali.

"Pelaku pariwisata adalah orang-orang berpengalaman. Saya yakin jika pandemi berlalu, kita akan segera bangkit, karena kita punya pengalaman seperti Bom Bali I 2002, Bom Bali II 2005, lalu wabah virus SARS, bencana erupsi Gunung Agung, yang semua bisa kita lalui," kata Koster sembari mengingatkan masa pandemi Covid-19 ini harus jadikan ajang untuk berbenah diri dan menata dengan lebih baik lagi tata kelola pariwisata Bali.

Sementara itu, Ketua IHGMA Bali yang menjadi perwakilan pelaku pariwisata Bali, Yoga Iswara, menyatakan kalangan pelaku pariwisata dan asosiasi pariwisata di Bali kompak untuk mendukung segala upaya dan kebijakan yang diambil Gubernur Koster beserta jajarannya, guna memperjuangkan nasib pariwisata di Pulau Dewata.

"Kami memberi dukungan kepada Bapak Gubernur dan Wagub yang tidak hentinya memperjuangkan kami. Kita lewati proses luar biasa selama pandemi ini dan kita semua belum pernah menghadapi situasi seperti ini. Untuk itu, saya aplaus untuk Bapak Gubernur. Mudah-mudahan, ini menjadi momentum kebangkitan kita bersama," tandas Yoga Iswara. *nat

Komentar