nusabali

DPC Demokrat Badung Usung Mudarta sebagai Cagub

  • www.nusabali.com-dpc-demokrat-badung-usung-mudarta-sebagai-cagub

Ketua DPD Demokrat Bali I Made Mudarta memperkuat dukungan akar rumput buat maju di Pilgub Bali 2018 menggunakan kendaraan Partai Demokrat.

Demokrat Bali Hari ini Kumpulkan Kader Se–Bali  

DENPASAR, NusaBali
Setelah di Karangasem dan di Tabanan dideklarasikan untuk maju Pilgub Bali 2018, Mudarta muncul di Kabupaten Badung. DPC Badung sepakat usung Mudarta sebagai Cagub Demokrat 2018 mendatang.

Deklarasi dukungan buat Mudarta tersebut terjadi di sela-sela pemilihan/pelantikan 6 pengurus PAC (Pimpinan Anak Cabang) Demokrat se–Kabupaten Badung, Sabtu (14/1), di sekretariat DPC Demokrat Badung di Jalan Raya Dalung, Kecamatan Kuta Utara. Hadir Ketua Komisi Pemenangan Pemilu DPD Demokrat Bali Gede Ngurah Wididana alias Pak Oles dan jajaran pengurus DPD lainnya. Dalam pelantikan pengurus PAC (tingkat kecamatan), deklarasi Cagub Mudarta bergulir karena aspirasi di seluruh Badung menginginkan kader partai diprioritaskan. Selain itu Mudarta dinilai memiliki elektabilitas dan layak maju dalam pemilihan gubernur mendatang.

Ketua Komisi Pemenangan Pemilu DPD Demokrat Bali Gede Ngurah Wididana alias Pak Oles usai pelantikan 6 PAC, mengatakan, Mudarta dideklarasikan maju Pilgub Bali 2018 di Badung secara kompak. “Seluruh PAC jajaran DPC langsung deklarasikan Mudarta sebagai Cagub Demokrat di Pilgub Bali 2018 nanti,” ucap Pak Oles.

Demokrat yang saat ini mengantongi 8 kursi DPRD Bali (14,54 persen) nanti akan membangun koalisi dengan partai politik lainnya, yang memiliki kursi di DPRD Bali. “Jelas harus berkoalisi, tetapi untuk dukungan Cagub dipastikan kepada Ketua DPD Demokrat Bali Made Mudarta,” tegas politisi asal Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, ini.   

Sementara menyikapi deklarasi kader di bawah mengusung dirinya sebagai Cagub Bali 2018 mendatang, Made Mudarta menyebutkan aspirasi kader di akar rumput sangat dihormati. “Apapun itu saya tetap apresiasi. Dalam hal ini partai tentu akan melakukan proses,” ucapnya.

Menurut Mudarta ada tahapan dan mekanismenya ketika nanti partai mengusung calon kepala daerah. “Ada survei menguji elektabilitas dan tahapan lainnya. Yang jelas Demokrat Bali akan memainkan perannya dalam melahirkan pemimpin di Bali, dalam Pilgub Bali 2018 mendatang,” kata Mudarta.

Sementara Demokrat Bali, Minggu (15/1) hari ini akan melakukan serangkaian konsolidasi internal di Denpasar. Konsolidasi tersebut menghadirkan kader inti dari DPC kabupaten/kota se-Bali. Salah satu bahasannya adalah soal Pilgub Bali 2018 mendatang.

Menurut Mudarta kehadiran sekitar 500 kader inti se-Bali ini akan diisi dengan seminar menghadirkan sejumlah pembicara. “Temanya ‘Marketing dan Strategi Politik’. Kami hadirkan praktisi dan akademisi untuk memberikan ilmu kepada kader-kader se-Bali,” imbuhnya.

Ketua DPC Partai Demokrat Badung I Made Sunarta di hadapan pengurus enam PAC dan 62 ranting se-Badung menilai, Made Mudarta memang layak dan cocok untuk didukung bertarung memperebutkan kursi Bali 1. Dia berharap seluruh kader satu suara untuk mendukung kader Demokrat sendiri bertarung pada Pilgub Bali.

“Kader terbaik kita adalah Pak Made Mudarta, Ketua DPD Partai Demokrat Bali. Siap mendukung (Made Mudarta)?” teriaknya. Spontan seluruh kader yang hadir menyatakan siap.

Sunarta yang juga Wakil Ketua II DPRD Badung berharap mesin partai baik pengurus PAC dan pengurus ranting bekerja maksimal.

Menanggapi aspirasi dari para kader Demokrat Badung, Sekretaris DPD Partai Demokrat Bali Wayan Adnyana menyatakan sudah wajib hukumnya mendukung kader dalam setiap pertarungan politik. “Wajib hukumnya, dalam salah satu fungsi partai politik itu memunculkan calon-calon pemimpin untuk bangsa dan negara ini. Kita sudah melakukan proses kaderisasi di tingkat partai, dan kalau ada kader-kader di lingkungan partai kita kenapa tidak,” katanya.

Musyawarah Anak Cabang III DPAC Partai Demokrat Kabupaten Badung, kemarin, menetapkan I Rai Suarta Waisnawa selaku Ketua DPAC Kecamatan Petang, Ketua DPAC Kecamatan Abiansemal I Nyoman Oka Widyanta, Ketua DPAC Kecamatan Mengwi I Gede Wardhana Erawan, Ketua DPAC Kecamatan Kuta Utara I Nyoman Mustiada, Ketua DPAC Kecamatan Kuta I Wayan Mendra, Ketua DPAC Kecamatan Kuta Selatan I Wayan Tumbuh. * nat, asa

Komentar