nusabali

Desa Batannyuh Kembangkan Wisata Tubing

  • www.nusabali.com-desa-batannyuh-kembangkan-wisata-tubing

TABANAN, NusaBali
Warga Desa Batannyuh, Kecamatan Marga, Tabanan kini giat mengembangkan pariwisata.

Warga mengembangkan atraksi wisata tubing di Tukad Yeh Sungi. Saat ini pengerjaan destinasi ini berupa penataan bebatuan dengan alat berat. Rencananya, atraksi wisata tubing bisa dibuka akhir tahun 2021. Perbekel Batannyuh I Nyoman Witama mengungkapkan, ide awal pembuatan atraksi wisata ini

muncul dari misi desa dalam pelestarian lingkungan pembersihan sampah plastik di kawasan Tukad Yen Sungi. Diawali pembersihan sampah di sungai itu sejak tahun lalu,  melibatkan seluruh pihak.

Gayung bersambut oleh pelbagai kalangan. Ide warga pun muncul untuk membuat destinasi wisata, terlebih lagi di Desa Batannyuh terdapat Pancoran Dasa Mala. Nantinya wisata di Desa Batannyuh juga dijadikan wisata spiritual untuk menuju desa wisata.

Perbekel Witama mengungkapkan, wisata tubing dibuat sepanjang 500 meter di Tukad Yeh Sungi. Selain tengah penataan, sekarang masih dibuatkan sarana penunjang untuk wujudkan wisata lokal tersebut. "Kami sekarang sedang membuat kamar mandi di objek wisata hingga warung mini," jelasnya, Kamis (2/9).

Dikatakan, anggaran untuk penataan ini, Desa Batannyuh digelontor dana hibah dari Pemprrov Bali sebesar Rp 90 juta. Aanggaran juga dari dana desa lewat PKDT (Padat Karya Tunai Desa) tahun 2021 sejumlah Rp 18 juta.

Kolabarosi dana tersebut diharapkan bisa membuat objek wisata baru menunjang perekonomian masyarakat Desa Batannyuh. "Kami juga sekarang tengah penataan pancoran Dasa Mala. Sekarang sedang pembuatan jalan setapak," bebera Witama.

Dia mengakui kawasan wisata ini akan dikelola oleh Pokdarwis Bumi Manik Sari yang beranggotakan 30 orang. Ditarget, objek wisata lokal ini bisa dinikmati oleh pelancong para Desember 2021. Sebab sekarang penataan kawasan sudah mencapai 70 persen. "Kami juga tengah persiapan list menu warung mini, rencana akan mengangkat kuliner desa. Apalagi warga kami banyak yang dirumahkan karena pandemi," tegasnya.

Secara terpisah anggota DPRD Tabanan I Putu Eka Nurcahyadi mengaku sangat mendukung gerakan yang dibuat warga agar Desa Batannyuh jadi desa wisata. Apalagi misi sebelum wisata ini diciptakan, Tukad Yeh Sungi terbebas dari sampah plastik. Maklum saja untuk masalah sampah masyarakat belum terbiasa mengelola sehingga banyak yang membuang sembarang. "Saya harapkan wisata ini dapat mendukung perekonomian masyarakat Desa Batannyuh terlebih lagi dalam situasi sulit sekarang," katanya.

Menurutnya untuk membuat kawasan wisata tersebut telah dipersiapkan secara matang. Termasuk uji coba tubing sudah dilakukan, hingga pemandu sudah disiapkan untuk menunjang kelancaran wisata. "Pemandu sudah disiapkan, yang terlibat pemuda kita di desa," tandas politis PDIP asal Desa Batannyuh, Kecamatan Marga ini. *des

Komentar