nusabali

Mas Sumatri Dikeroyok dengan ‘Istilah’

  • www.nusabali.com-mas-sumatri-dikeroyok-dengan-istilah

Jika menang, Sudirta janjikan Sukerana jadi orang nomor tiga di Karangasem.

Mas Sumatri pun menjawabnya dengan santai. Mas Sumatri menyatakan dirinya akan melibatkan semua komponen. Bahkan, akan menjemput proses perizinan di level banjar-banjar untuk memberikan pelayanan izin di Karangasem. ”Kita akan bekerjasama dengan seluruh masyarakat Karangasem, bahkan menjemput proses perizinan,” tandas Srikandi asal Banjar Gede, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem ini.

Nah, pada gilirannya, gantian Cabup Mas Sumatri menyodorkan pertanaan ke Cabup Sudirta. Kali ini, Mas Sumatri ajukan pertanaan tentang aturan hukum UU Desa, di mana penerapan masa kerja perangkat desa (Kadus) yang hanya sampai umur 42 tahun. Kenapa aturan ini bisa lolos, padahal saat itu Sudirta sebagai Senator (anggota DPD RI Dapil Bali)? Ditanya seperti itu, Sudirta balik memberi saran kepada Mas Sumatri.

“Sebaiknya Bus Mas Sumatri pahami aturan dan baca Undang-undangnya dulu. Saya Ketua Tim Perancang Undang-undang DPD RI saat itu. Senator tidak memutuskan, tapi mengusulkan,” tangkis politisi PDIP asal Desa Pidpid, Kecamatan Abang, Karangasem ini.

Sudirta juga mengatakan akan memperjuangkan masa kerja perangkat desa supaya sama dengan masa kerja PNS sampai 60 tahun. “Kalau tidak, kita siap berjuang di MK. Kalau ada yang tidak setuju, mungkin tidak paham dengan MK. Kita akan berjuang,” tegas mantan anggota DPD RI dua periode (2004-2009 dan 2009-2014) ini.

Dalam debat publik semalam, Cabup Made Sukerana juga dapat giliran lempar pertanyaan kepada Sudirta. Dalam sesi ini, terjadilah adu argumentasi antara Sukerana vs Sudirta. Sukerana mengeluarkan pertanyaan yang agak nyeleneh untuk Sudirta, yang notabene ‘guru’-nya ketika sama-sama dalam satu kantor pengacara di Denpasar.

“Kalau Bapak Sudirta terpilih menjadi Bupati Karangasem, langkah dan posisi apa yang akan Bapak perlakukan terhadap diri saya?” tanya Sukerana, politisi Golkar asal Banjar Juntal, Desa/Kecamatan Kubu yang mantan Wakil Bupati Karangasem 2010-2015.

Sudirta sambil tertawa langsung menyambut pertanyaan Sukerana. ”Saya tahu Pak De (Sukerana) orang hebat sejak muda. Kalau saya menang Pilkada 2015, Pak De akan menjadi orang nomor tiga di Karangasem. Posisi Anda akan sangat penting nanti di Karangasem. Jangan khawatir Pak De,” tandas Sudirta. 

Selanjutnya...

Komentar