nusabali

Perbekel Cairkan BLT DD Februari dan Maret

  • www.nusabali.com-perbekel-cairkan-blt-dd-februari-dan-maret

AMLAPURA, NusaBali
Sejumlah perbekel di Kabupaten Karangasem telah mencairkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT) DD untuk bulan Februari dan Maret yang sempat macet.

Kemacetan pembayaran BLT DD tahun 2021 karena dana transfer dari pemerintah pusat belum masuk rekening kas desa. Para penerima BLT DD mendapatkan dana Rp 300.000 per bulan selama satu tahun.  

Perbekel Desa Purwakerti, I Nengah Karyawan, mengaku telah mencairkan dan bayarkan BLT DD Februari dan Maret untuk 118 kepala keluarga (KK). Menurutnya, sesuai petunjuk dari Dinas PMD Karangasem, jika dana dari pusat belum ditransfer, pencairan BLT DD bisa ditalangi dengan menggunakan dana desa untuk biaya pembangunan fisik seperti PKTM (padat karya tunai mandiri). Sebanyak 118 KK penerima BLT DD tersebar di lima banjar dinas, masing-masing Banjar Babakan sebanyak 15 KK, Banjar Amed sebanyak 25 KK, Banjar Lebah sebanyak 30 KK, Banjar Bias Lantang Kelod sebanyak 20 KK, dan Banjar Biaslantang Kaler sebanyak 28 KK.

Perbekel Desa Bebandem, Kecamatan Bebandem, I Gede Partadana juga telah mencairkan dana BLT DD. Sebagian ditalangi menggunakan dana desa untuk kegiatan fisik. Sehingga Februari dan Maret telah bisa dibayarkan untuk 203 KK. Penerima BLT DD di Desa Bebandem tersebar di 12 banjar yakni Banjar Tiying Seka sebanyak 24 KK, Banjar Liligundi sebanyak 19 KK, Banjar Tihingan Kauh sebanyak 13 KK, Banjar Tihingan Tengah sebanyak 8 KK, Banjar Tihingan Kangin sebanyak 15 KK, Banjar Tohpati sebanyak 5 KK, Banjar Kayu Putih sebanyak 20 KK, Banjar Pande Sari sebanyak 24 KK, Banjar Jungsri sebanyak 13 KK, Banjar Desa Tengah sebanyak 20 KK, Banjar Dukuh sebanyak 19 KK, dan Banjar Kastala sebanyak 23 KK.

Gede Partadana mengungkapkan, pada tahun 2020 penerima BLT DD di Desa Bebandem sebanyak 212 KK. Pada tahun 2021 menurun jadi 203 KK karena penerima BLT DD banyak yang meninggal. “Makanya dicoret dari daftar nama penerima BLT dana desa,” kata mantan LSM Koalisi Karangasem Sehat itu. Pemerintah Desa Bungaya Kecamatan Bebandem juga sudah mencairkan BLT DD untuk Februari dan Maret untuk 173 KK. Perbekel Tista, Kecamatan Abang, I Ketut Selamet Ariyasa, mencairkan BLT bulan Februari dan Maret untuk 262 KK. *k16

Komentar