nusabali

Bule Tewas di Pura Besakih

  • www.nusabali.com-bule-tewas-di-pura-besakih

Seorang bule asal Denmark, Bent Pedersent, 60, tewas mendadak saat berada di areal Pura Soring Ambal Ambal Besakih, Desa Pakraman besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Selasa (1/11) siang.

Habis foto-foto, korban Bent Pedersent melanjutkan perjalanan menaiki anak tangga menuju areal Pura Soring Ambal Ambal Besakih, yang lokasinya di antara jaba Pura Penataran Agung Besakih dan Pura Basukian. Nah, di tempat inilah korban kembali ambil foto-foto dengan rekan-rekannya, sampai kemudian jatuh pingsan sekitar pukul 12.30 Wita hingga tewas.

Bule Denmark ini roboh dalam posisi tengadah, dengan kedua kaki ke arah utara dan kepala ke selatan. Anggota rombongan pun berusaha langsung memberikan pertolongan dengan mengangkat korban. Kemudian, anggota kepolisian Sub Sektor Besakih, Aiptu I Nyoman Gede Wisnawa, yang kebetulan melintas di lokasi, diberitahu oleh pramuwisata Putu Bagiarta terkait adanya turis Denmark jatuh pingsan. Aiptu Nyoman Gede Wisnawa pun mengontak Polsek Rendang dan petugas medis Puskesmas Rendang.

Ketika jajaran Polsek Reendang terjun bersama dokter dari Puskesmas Rendang, dr Sara, korban Bent Pedersent dinyatakan telah meninggal. Selanjutnya, jasad bule Denmark ini dibawa ke Puskesmas Rendang, sebelum kemudian dikirim ke RS Sanglah, Denpasar. Menurut dr Sara, dugaaSn sementara, korban Bent Pedersent meninggal karena kelelahan dan serangan jantung.

Kapolsek Rendang, Kompol I Nengah Berata, juga membenarkan bule Denmark ini meninggal diduga karena kelelahan dan serangan jantung. “Apakah nanti jenazah korban diotopsi atau tidak di RS Sanglah, masih menunggu keluarganya datang dari Denmark,” jelas Kompol Nengah Berata saat dikonfirmasi NusaBali, Selasa kemarin.

Sementara itu, juru bicara Pamangku Pura Besakih, Jro Mangku Suyasa, menyatakan peristiwa maut tewasnya bule Denmark kemarin praktis membuat wewidangan (areal) Pura Besakih leteh (kotor secara niskala). “Karena terjadi leteh, maka besok (hari ini) seluruh pamangku di Pura Besakih akan menggelar paruman untuk membicarakan langkah berikutnya,” jelas Jro Mangku Suyasa.

“Tentu nanti harus dilaksanakan upacara pembersihan,” lanjut Jro Mangku Suyasa, yang kesehariannya ngayah sebagai pamangku Pura Mrajan Kanginan Besakih. Selain menggelar parumah pamangku hari ini, kata Jro Mangku Suyasa, juga akan dilaksanakan ritual matur piuning dan mohon petunjuk kepada Ida Pedanda Putra Tembau di Griya Aan, Desa/Kecamatan Banjarangkan, Klungkung.  k16

Komentar