nusabali

Saat Presiden Pidato, Tak Ada Interupsi

  • www.nusabali.com-saat-presiden-pidato-tak-ada-interupsi

Wacana agar ada interupsi saat Presiden pidato dalam sidang paripurna tahunan MPR RI pada 16 Agustus tidak disetujui.

JAKARTA, NusaBali
Sekjen MPR RI Ma'ruf Cahyono mengatakan, dalam sidang nanti tidak ada interupsi dari anggota MPR RI lantaran agenda sidang adalah mendengarkan pidato presiden yang melaporkan tentang kinerja lembaga-lembaga negara.
 
"Saya pikir tidak ada interupsi di sidang tahunan MPR ini, karena agenda tunggal sidang ini mendengarkan pidato presiden. Bukan sidang untuk mengambil keputusan sehingga momentumnya tidak tepat untuk interupsi," ujar Ma'ruf di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senin (8/8). Agenda sidang tahunan MPR berlangsung mulai pukul 09.00-10.30 WIB.

Sidang nantinya dibuka oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Kemudian baru pidato kenegaraan dari presiden Joko Widodo. Ma'ruf berharap, melalui sidang tahunan ini masyarakat bisa mengetahui kinerja lembaga-lembaga negara. Usai sidang tahunan MPR, presiden bakal menyampaikan pidato kembali dalam sidang bersama DPR dan DPD RI mengenai nota keuangan.
 
"Format sidang tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu," imbuhnya. Selain melaksanakan sidang tahunan pada bulan Agustus ini, lanjut Ma'ruf, MPR RI juga akan memperingati hari Konstitusi yang jatuh pada 18 Agustus. Untuk memperingatinya MPR menggelar lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR RI. Lomba tersebut telah dilakukan di 34 provinsi di Indonesia.
 
Juara dari tiap-tiap provinsi maju ke tingkat nasional. Mereka akan diadu lagi agar menghasilkan juara umum. "Para finalis sampai di Jakarta pada Rabu 9 Agustus," katanya. Nanti mereka bertanding sampai 18 Agustus sehingga saat pidato kenegaraan presiden pada 16 Agustus, mereka juga bisa mendengarkannya. Melalui lomba cerdas cermat diharapkan bermanfaat bagi para peserta. k22

Komentar