nusabali

Tampilkan Duta Bangli di PKB 2024

Pawai Peringatan HUT Ke-820 Kabupaten Bangli

  • www.nusabali.com-tampilkan-duta-bangli-di-pkb-2024

BANGLI, NusaBali - Ratusan seniman akan terlibat dalam pawai budaya serangkaian HUT ke-820 Kabupaten Bangli, Senin (13/5), dipusatkan di Alun-alun Bangli. Pada pawai ini akan ditampilkan Duta Kabupatem Bangli untuk Pesta Kesenian Bali (PKB) 2024 di Art Centre, Kota Denpasar.

Kepala Bidang (Kabid) Kesenian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangli I Nyoman Wiradana mengatakan untuk pelaksanaan pawai budaya ini telah diawali beberapa kali rapat. Dalam pawai ini akan ditampilkan duta Kabupaten Bangli yang nantinya akan tampil pada PKB ke-46 di Renon – Denpasar. Selain itu, menampilkan perwakilan dari masing- masing kecamatan."Pawai budaya kali ini tidak lagi memanfaatkan badan jalan melainkan dipusatkan di areal Alun-alun Bangli," jelasnya Rabu (1/5).
 
Lanjutnya, untuk materi pawai budaya, khusus duta  Bangli yang akan turun pada ajang PKB  terbagi menjadi 2 kelompok.  Kelompok  I (wajib)  terdiri dari papan nama daerah  yang dibawa oleh seorang gadis menggunakan pakian adat bali (lelunakan). Menyajikan tari baris khas kabupaten. "Tari baris yang ditampilkan berhubungan  dengan prosesi upacara keagamaan. Selain itu ditampilkan barisan pembawa uparengga , seperti payung, bandrangan kober dan lelontek," kata Nyoman Wiradana. 

Berikutnya, kelompok II menampilkan garapan tematik oleh tim kurator Provinsi  dengan  tema daur hidup. Kabupaten Bangli dapat garapan ke tiga yakni prosesi upacara  tigang sasih dan ngotonin. Peserta pawai  perwakilan masing-masing kecamatan  menampilkan papan nama kecamatan, uparengga, gebogan, pakian khas, permianan tradisional dan kesenian khas dimasing-masing kecamatan serta fragmentari. "Total seniman yang terlibat dalam pawai sekitar 850 orang,” sebutnya.

Menurut Nyoman Wiradana, pada pawai budaya yang akan menampil fragmentari hanya dua kecamatan saja yakni Kecamatan Tembuku dan Kintamani. Untuk Kecamatan Bangli dan Susut akan mengisi acara hiburan rangkaian HUT.

Persiapan perserta pawai akan memanfaatkan beberapa perkantoran untuk tempat transit perserta seperti kantor Camat Bangli, gedung DPRD Bangli, gedung PLUT, Kantor PDAM Bangli dan gedung  Lab Kesehatan.

"Kalau tahun lalu beberapa sekolah dimanfaatkan untuk tempat transit, dengan pertimbangan tidak ingin menggagu proses belajar siswa maka untuk tempat transit menggunakan fasilitas perkantoran,” imbuhnya.7esa

Komentar