nusabali

139 Tim Meriahkan Esports, Total Hadiah Rp 12 Juta

  • www.nusabali.com-139-tim-meriahkan-esports-total-hadiah-rp-12-juta

SEMARAPURA, NusaBali - Sebanyak 139 tim dari siswa SMP dan SMA/SMK se-Kabupaten Klungkung berkompetisi dalam Piala Pelajar Esports Klungkung yang digelar di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Kecamatan Klungkung selama 4 hari sejak Minggu (28/4) hingga Rabu (1/5).

Piala Pelajar Esports Klungkung serangkaian Semarapura Festival ke-6 tahun 2024 menjadi satu-satunya turnamen di tingkat kabupaten/kota di Bali yang memberikan hadiah hingga total Rp 12 juta. Kegiatan digelar oleh Esports Indonesia (ESI) Klungkung didukung Dinas Pariwisata Klungkung dan KNPI Kabupaten Klungkung.

Ketua Umum ESI Klungkung, I Made Maha Dwija Santya, mengatakan peserta sebanyak 139 tim. Masing-masing Free Fire 70 tim (4 inti dan 2 cadangan), Mobile Legends 43 tim (5 inti dan 2 cadangan), dan PUBG Mobile 13 tim (4 inti dan 2 cadangan). Tak ketinggalan ada 13 peserta dalam kompetisi EFootball Playstation. Dengan dominasi dari berbagai genre game dan kompetisi ini mengundang perhatian luas. “Satu game batal diadakan berdasarkan petunjuk dari provinsi karena di kabupaten/kota lain minim peminat yaitu Lokapala,” ujar Maha Dwija Santya, Senin (29/4).

Piala Pelajar Esports Klungkung merupakan penyelenggaraan tahun ketiga. Tahun ini tingkat SD ditiadakan karena Porjar Provinsi Bali tidak ada tingkat SD. “Piala Pelajar ini terselenggara berkat dukungan dari Dinas Pariwisata dan KNPI Klungkung yang dirangkaikan dengan kegiatan Semarapura Festival,” ujar Maha Dwija Santya. Para pemenang di Piala Pelajar Esports Klungkung akan diprioritaskan untuk dikirim sebagai perwakilan Kabupaten Klungkung di ajang Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Provinsi Bali 2024. “Setelah mendapatkan pemenang, akan kembali digodok di tingkat kabupaten untuk mix dan match, siapa tahu kombinasi lintas sekolah bisa menghasilkan tim yang lebih kuat,” ujar Maha Dwija Santya.

Piala Pelajar Esports Klungkung bukan hanya ajang kompetisi biasa. Total hadiah Rp 12 juta, kompetisi ini menjadi satu-satunya di Bali yang memberikan hadiah dalam Porjar di tingkat kabupaten/kota. “Para pemenang dalam kompetisi ini juga mendapat kehormatan khusus. Mereka akan diprioritaskan sebagai perwakilan Kabupaten Klungkung dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Provinsi Bali 2024 yang akan berlangsung bulan Juni mendatang,” ujar Maha Dwija Santya. Selain itu, strategi pembinaan atlet juga menjadi fokus. Setelah menentukan pemenang, akan dilakukan pembinaan lebih lanjut di tingkat kabupaten. “Harapan kombinasi lintas sekolah dapat menghasilkan tim yang lebih kuat,” harap Maha Dwija Santya.

Klungkung menjadi salah satu kabupaten terkuat di Cabor Esports Porjar Provinsi Bali karena atlet-atlet ESportsnya sudah diperhitungkan hingga level nasional. Pada September 2023 Tim Esports SMA Negeri 1 Semarapura meraih Juara 1 Garena Youth Championship (GYC) 2023 Wilayah Regional Bali, NTB, dan NTT. Tim Ekasma (SMAN 1 Semarapura) tembus peringkat tiga besar dalam klasemen akhir ajang Liga eSports Nasional Pelajar 2022 pada 18-19 November. Tim Frost Esport Klungkung juara kategori PUBG Mobile untuk kualifikasi wilayah Zona Bali dan berhak mewakili Bali pada ajang Pra PON di tingkat nasional. “Perwakilan Klungkung juga mewakili Tim Divisi Free Fire (FF) lolos menuju PON XXI 2024 di Aceh, Sumut September 2024 nanti,” ujar Maha Dwija Santya. 7 wan

Komentar