nusabali

3.372 Blangko Ijazah SMA Sedang Ditulis

  • www.nusabali.com-3372-blangko-ijazah-sma-sedang-ditulis

AMLAPURA, NusaBali - Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMAN Karangasem Wayan Sugiana menyebutkan sekolah kini sedang menulis 3.372 blangko ijazah. Proses penulisan sangat berhati-hati karena tidak boleh ada salah. Jika ada salah tulis harus dibuatkan berita acara, kemudian diamprah blangko tambahan ke Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali.

"Pihak satuan pendidikan mesti hati-ahti melakuakn penlisan di blangko ijazah karean tidak boleh ada yang slah dan tidak ada cadangan blangko. Pihak sekolah menerima blangko ijazah sesuai jumlah siswa yang lulus," jelas Kasek SMAN 3 Amlapura ini, di ruang kerjanya, Banjar Delod Sema, Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem, Kamis (16/5). Dia menerima 297 blangko ijazah. 

Kata dia, Karangasem menerima 3.372 blangko ijazah SMA negeri dan swasta, tersebar di 10 SMA negeri dan 9 SMA swasta. Wayan Sugiana mengingatkan, tata cara penulisan di blangko ijazah sesuai ketentuan Kemendikbudristek Nomor 12.A tahun 2024, perubahan atas Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor : 010 Tahun 2024, tentang Pedoman Pengelolaan Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Ajaran 2023/2024.

Blangko ijazah katanya merupakan dokumen yang berisi informasi mengenai prestasi pendidikan seseorang. Pengadaan blangko ijazah sesuai kebutuhan, pengadaannya dilaksanakan Direktorat terkait sesuai data dapodik (data pokok pendidikan) per 31 Desember 2023.

Dalam hal pengisian blangko ijazah yang bertanggungjawab kepala satuan pendidikan masing-masing, yang dilakukan setelah penetapan kelulusan. Pengisiannya mesti menggunakan tinta hitam yang tidak mudah dihapus, tulis tangan dengan huruf jelas, rapi, bersih dan mudah dibaca.

"Jika terjadi kesalahan, mesti buat berita acara disertakan blangko ijazah itu kemudian diamprah ke Disdikpora Provinsi Bali. Makanya saat pengisian tidak boleh ada yang salah," tambah mantan Kasek SMAN 1 Amlapura dan SMAN 2 Amlapura.

Ijazah katanya terdiri dari dua muka, bagian depan berisi identitas dan redaksi, halaman belakang berisi daftar mata pelajaran dan transkrip nilai, dalam ijazah juga ada nomor dan kode wilayah, khusus untuk kode Bali nomor 22, ada juga kode penerbitan, kode jenjang pendidikan dan kode kurikulum.

Ijazah tidak bisa dipalsukan, karena berisi hologram, ada gambar burung garuda. 
Di bagian lain Kasek SMAN 2 Amlapura, I Wayan Puja Astawa mengaku telah terima blangko ijazah. "Kami tengah melakukan penulisan di blangko ijazah, dengan sangat hati-hati agar tidak terjadi kesalahan," jelas Puja Astawa yang menamatkan 329 siswa.

Begitu juga Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana, mengaku sangat hati-hati menulis di blangko ijazah, agar ijazah untuk 334 siswa tidak ada yang salah dalam penulisan. "Kami juga tengah melakukan penulisan di blangko ijazah," tambahnya. Total di Karangasem sebanyak 3.372 blangko ijazah untuk SMA, masing-masing jurusan IPA sebanyak 1.316 blangko, IPS sebanyak 1.179 blangko dan bahasa 877 blangko.7k16

Komentar