nusabali

PDIP Siapkan Show of Force

  • www.nusabali.com-pdip-siapkan-show-of-force

Deklarasi KBS-Ace dan Paket Aman akan digelar di Lapangan Astina Raya Gianyar, 8 Januari 2018

Kerahkan Massa 42.000 Orang buat Deklarasi KBS-Ace dan Paket Aman


GIANYAR, NusaBali
PDIP akan show of force gerakkan massa berkekuatan 42.000 orang saat acara deklarasi KBS-Ace (Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati) sebagai Cagub-Cawagub Bali dan Made Agus Mahayastra-AA Gde Mayun (Paket Aman) sebagai Cabup-Cawabup Gianyar, di Lapangan Astina Raya Gianyar, 8 Januari 2018 nanti. Sebe-lum deklarasi, lebih dulu dilakukan pendaftaran Paket Aman ke Kantor KPU Gianyar.

Acara deklarasi KBS-Ace (pasangan Cagub-Cawagub Bali yang diusung PDIP bersama PKPI-PAN) dan Paket Aman (Cabup-Cawabup Gianyar yang diusung PDIP bersama NasDem) rencananya akan dilaksanakan di Lapangan Astina Raya Gianyar, Senin (8/1) sore sekitar pukul 15.00 Wita. Sedangkan pendaftaran Paket Aman ke KPU Gianyar dilakukan 5 jam sebelumnya, pukul 10.00 Wita.

Rencana deklarasi KBS-Ace dan Paket Aman ini sudah dimatangkan dalam rapat tertutup Tim Pemenangan KBS-Ace Kabupaten Gianyar dan Tim Pemenangan Paket Aman di Rumah Informasi & Telekomunikasi Paket Aman, Jalan Pasung Grigis Gianyar, Selasa (2/1). Rapat kemarin dihadiri langsung Paket Aman dan Ketua Tim Pemenangan Paket Aman, I Wayan Tagel Winarta, yang juga Ketua Tim Pemengan KBS-Ace Kabupaten Gianyar.

“Massa dalam jumlah besar ini digalang berkat kerja keras 16 anggota Fraksi PDIP DPRD Gianyar dan 4 anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Gianyar, yang dekat dengan rakyat,” ungkap Made Agus Mahayastra, Cabup Gianyar dalam Paket Aman, seusai rapat tertutup kemarin.

Agus Mahayastra menyebutkan massa berkekuatan 42.000 itu, sebanyak 18.000  orang di antaranya adalah para seniman tabuh dari 272 sekaa baleganjur yang akan memeriahkan acara dan 13 sekaa kesenian pemanggungan selama acara. Selain itu, juga ada sekitar 1.500 ibu-ibu PKK dari seluruh pelosok desa se-Gianyar. Sedangkan 16 angota Fraksi PDIP DPRD Gianyar dan 4 anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Gianyar akan mengerahkan massa masing-masing kisaran 1.000–3.000 orang.

Menurut Mahayastra, sebelum deklarasi KBS-Ace dan Paket Aman di Lapangan Astina Raya Gianyar, Paket Aman lebih dulu akan berangkat dari Sekretariat DPC PDIP Gianyar di Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Senin pagi pukul 10.00 Wita. Begitu sampai di depan RSUD Sanjiwani Gianyar, Paket Aman akan diiringi jajaran DPC PDIP, atraksi tabuh baleganjur, dan sekitar 1.500 ibu-ibu PKK menuju KPU Gianyar untuk mendaftarkan pencalonannya. Selama pendaftaran di KPU Gia-nyar, massa pendukung Paket Aman akan disuguhi Tari Sampik Ingtay dan pentas barong.

Sekembalinya dari KPU Gianyar, Paket Aman dan rombongan akan konvoi naik mobil menuju Lapangan Astina Gianyar, lanjut menunggu KBS-Ace di Balai Budaya Gianyar yang berada di sisi barat Lapangan Astina Gianyar. “Ini gerakan massa satu-satunya dari PDIP di Gianyar selama proses Pilkada Gianyar 2018 dan Pilgub Bali 2018. Setelah deklarasi, selanjutnya kami akan turun ke banjar-banjar, minimal ke desa,” tegas politisi asal Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Gianyar yang juga Ketua DPC PDIP Gianyar ini.

Sementara, sesuai settingan panitia, ratusan sekaa baleganjur nantinya akan atraksi menabuh di pinggir jalan saat pendaftaran ke KPU dan deklarasi Paket Aman dan KBS-Ace. Mereka akan menabuh baleganjur sekitar pukul 14.00 Wita, mulai dari depan Kantor BPD Bali di Jalan Bypass Dharma Giri hingga Lapangan Astina Raya Gianyar sepanjang 800 meter. Baleganjur juga akan menabuh melingkar di Lapangan Astina Raya Gianyar.

Menurut Ketua Tim Pemenangan Paket Aman, Wayan Tagel Winarta, parkir kendaran massa dari Kecamatan Payangan dan Kecamatan Tampaksiring akan dipusatkan di wilayah Kelurahan Beng dan Bukit Jati (Kecamatan Gianyar). Sedangkan parkir kendaraan massa dari Kecamatan Sukawati dan Kecamatan Ubud akan dipusatkan di Jalan Bypass Darma Giri Gianyar. Sebaliknya, parkir kendaraan massa dari Kecamatan Blahbatuh akan dipusatkan di GOR Kebo Iwa dan Taman Makam Pahlawan Gianyar.

“Karena saking banyaknya massa, besok (hari ini, Red) kami akan beraudiensi ke Polres Gianyar, terutama untuk masalah pengamanan dan ketertiban,’’ jelas Tagel Winarta yang juga Ketua DPRD Gianyar. Dia menambahkan, untuk mengantisipasi hujan saat acara deklarasi Paket Aman, pihaknya akan memasang dua laser dan mengerahkan 10 pawang hujan.

Bahkan, untuk baleganjur, Tagel Winarta memperkirakan ada 280 sekaa baleganjur akan tampil. Tiap sekaa baleganjur melibatkan 50 orang. Jika 280 sekaa baleganjur, maka ada 14.000 penabuh yang terlibat. “Belum lagi tarian lainya juga akan melibatkan ribuan peserta, ditambah massa dari masing-masing fraksi. Jadi, kita perkirakan akan ada 30.000 hingga 40.000 massa yang hadiri deklarasi,” katanya.

KBS-Ace sendiri diskenariokan akan tarung head to head melawan IB Rai Dharmawijaya Mantra-Ketut Sudikerta, Cagub-Cawagub Bali yang diusung Koalisi Rakyat Bali (KRG)---beranggotakan Golkar-Demokrat-Gerindra-NasDem---di Pilgub Bali 2018. Sedangkan Paket Aman  akan tarung head to head melawan pasangan Tjokorda Raka Kerthyasa alias Cok Ibah-Pande Istri Maharani Primadewi (Paket Kertha-Maha) di Pilka-da Gianyar, 27 Juni 2018 mendatang. Paket Kertha-Maha diusung Koalisi Gianyar Bangkit (KGB), koalisi parpol beranggotakan Golkar-Demokrat-Gerindra-PKPI. Sementara Paket Aman diusung PDIP-NasDem. Sebetulnya, masih ada satu parpol parlemen lagi yang belum menentukan arah dukungan, yakni Hanura. Paket Aman berusaha menggaet Hanura, parpol yang memiliki 3 kursi DPRD Gianyar hasil Pi-leg 2014.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Pilgub Bali 2018-Pilkada Gianyar 2018-Pilkada Klungkung 2018 Hanura, Dewa Putu Gde Oka, mengatakan DPC Hanura Gianyar telah mengusulkan untuk berkoalisi dengan Paket Aman ke Pilkada Gianyar 2018. Usulan ini sudah diajukan ke DPP Hanura, namun sejauh ini belum ada keputusan.

Menurut Dewa Oka, pembicaraan untuk menjalin koalisi antara Hanuara dan PDIP di tingkat pusat sebetulnya sudah final. Hanura diwakili Wakil Ketua Umum DPP Hanura Gede Psek Suardika dan Koordinator daerah Bali DPP Hanura, I Kadek ‘Lolak’ Arimbawa. “Mudah-mudahan, sebelum deklarasi 8 Januari nanti, rekomendasi untuk Paket Aman dan juga KBS-Ace sudah turun dari DPP Hanura,” tandas Dewa Oka saat dikonfirmasi NusaBali terpisah, Selasa kemarin. *lsa,nvi

Komentar