nusabali

Piala Dunia 2022: Spanyol dan Jerman Satu Grup

  • www.nusabali.com-piala-dunia-2022-spanyol-dan-jerman-satu-grup

DOHA, NusaBali.com – Grup neraka yang diprediksi terjadi dalam Piala Dunia 2022 tidak terjadi. Pembagian 32 tim dalam drawing yang dilakukan pada Jumat (1/4/2022) waktu setempat relatif merata, namun yang menjadi perhatian adalah Grup E, di mana Spanyol satu grup bersama Jerman.

Situasi ini tak lepas dari Jerman yang hanya ditempatkan di pot 2. Menemani Spanyol dan Jerman di Grup E, adalah Jepang dan satu slot lainnya masih diperebutkan antara Kosta Rika dan Selandia Baru pada bulan Juni mendatang.

Belanda yang juga menempati pot B dan berpotensi menciptakan grup neraka, akhirnya berada di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Senegal dan Ekuador.

Sementara itu  Inggris berada di Grup B bersama Amerika Serikat dan Iran. Namun potensi pertarungan antara Negara Inggris Raya bisa terjadi, karena satu slot lainnya masih diperebutkan antara Wales, Skotlandia dan Ukraina.

Bagi AS, undian tersebut mempertemukan mereka dengan mantan penjajah mereka Inggris dan Iran yang lama bertikai politik dengan mereka.  AS menghadapi Iran dalam Piala Dunia Prancis 1998 dan kalah 1-2 dari negara Teluk itu.

Selanjutnya juara bertahan Prancis akan bertemu Denmark dan Tunisia dalam Grup D Piala Dunia yang akan kickoff 21 November dengan mempertemukan tuan rumah Qatar dan Ekuador.  

Pengundian dilakukan setelah didahului pertunjukan musik dan video selama 45 menit ketika presiden FIFA Gianni Infantino menjanjikan Piala Dunia kali ini ‘menjadi turnamen terbaik yang pernah ada’.

Keputusan yang diambil 2010 untuk menyerahkan hak tuan rumah kepada Qatar dikritik habis-habisan dan ada pengawasan ketat terhadap situasi hak asasi manusia di negara itu.

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani menyambut para tamu yang termasuk pelatih tim nasional, para pemain yang menjuarai Piala Dunia, dan ofisial sepak bola yang semuanya menunggu untuk mengetahui pertandingan penyisihan grup dalam upacara yang dibawakan aktor Inggris Idris Elba dan penyiar Reshmin Chowdhury.

Turnamen ini akan berlangsung mulai 21 November sampai 18 Desember di mana untuk pertama kali Piala Dunia sepakbola diperebutkan di Timur Tengah dan ada nuansa Arab yang khas saat pertunjukan tersebut. *ant
 
Grup A: Qatar, Ekuador, Belanda, Senegal
Grup B: Inggris, Iran, AS, Skotlandia/Wales/Ukraina
Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia
Grup D: Prancis, UEA/Australia/Peru, Denmark, Tunisia
Grup E: Spanyol, Kosta Rika/Selandia Baru, Jerman, Jepang
Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia
Grup G: Brazil, Serbia, Swiss, Kamerun
Grup H: Portugal, Ghana, Uruguay, Korea Selatan

Komentar