nusabali

Pembangunan Pasar Badung Tetap Diupayakan Tahun Ini

  • www.nusabali.com-pembangunan-pasar-badung-tetap-diupayakan-tahun-ini

Meski mengalami gagal tender, pihak Pemkot Denpasar tetap berupaya untuk melakukan pembangunan proyek Pasar Badung meski tidak rampung sepenuhnya pada tahun 2017 ini.

DENPASAR, NusaBali

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kota Denpasar, Maria Antonia Dezire Mulyani, mengatakan, kemungkinan akan ada pembangunan kerangka pasar terlebih dahulu di tahun 2017 ini dengan dana APBD yang sudah dialokasikan sebelumnya. Namun untuk dana APBN yang selama ini sudah disetujui masih dalam proses pengajuan kembali agar bisa dipakai tahun ini dengan sisa waktu 7 bulan.

"Kemungkinan akan ada pembangunan, paling tidak ada kerangka yang akan dibangun terlebih dahulu, apakah itu basement dan bersamaan dengan lantai lainnya atau seperti apa nanti masih dikaji dan akan ada perubahan pemakaian anggaran tentunya. Karena dana di tahun 2017 ini kan masih ada dari APBD namun untuk APBN masih dicoba pengajuannya," ujarnya, Selasa (23/5).

Dezire mengatakan, pihaknya kini masih menunggu pengajuan dari Disperindag Kota Denpasar untuk tahapan tendernya yang baru.  Jika memang dipercepat maka prosesnya akan kembali dilakukan sesuai dengan perencanaan baru.

Sementara Kepala Disperindag Kota Denpasar, Wayan Gatra saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya masih melakukan pengajuan untuk penggunaan anggaran APBN dalam pembangunan sementara di tahun 2017. Untuk itu, menurut Gatra, saat ini Walikota masih mohon izin ke Kementerian Perdagangan untuk memanfaatkan dana pusat sebesar Rp 75 miliar untuk pembangunan struktur saja dulu di tahun ini. Nah, jika d setujui akan segera dilakukan tender lagi.  "Pak Walikota saat ini masih berusaha melakukan pengajuan memohon kepada Pak Menteri Perdagangan agar dana APBN bisa dipakai untuk pembangunan struktur, mudah-mudahan bisa mendapatkan jawaban lebih cepat agar kami bisa melakukan tender dan mulai proses pembangunan struktur awal. Dan proses itu tetap berjalan karena aturannya seperti itu yang diterima semua pihak dan prosesnya sudah sesuai ketentuan peraturan yang berlaku," katanya.

Gatra menekankan, dalam persoalan ini yang terpenting adalah mencari jalan keluar yang terbaik agar pembangunan Pasar Badung tetap bisa dilaksanakan. "Pemkot sangat konsen untuk membangunan Pasar Badung biar cepat selesai agar bisa membantu para pedagang biar bisa menempati bangunan yang baru, maka dari itu sekarang  kami masih di Jakarta untuk pengajuannya," tandasnya. *cr63

Komentar