nusabali

Gedung Belum Jadi, Proses Belajar Mengajar di SMAN 10 Denpasar 'Numpang' di SMAN 4 Denpasar

  • www.nusabali.com-gedung-belum-jadi-proses-belajar-mengajar-di-sman-10-denpasar-numpang-di-sman-4-denpasar

DENPASAR, NusaBali.com - SMA Negeri 10 Denpasar yang baru berdiri pada tahun 2020, menyatakan siap menerima siswa baru tahun ajaran 2021/2022.

Penerimaan siswa baru ini ditegaskan tetap dibuka sekalipun pembangunan gedung SMAN ini belum rampung 100 persen. "Proses belajar mengajar dan administrasinya akan memanfaatkan SMAN 4 Senpasar," kata

Kepala SMA Negeri 10 Denpasar, Drs I Made Agus SuarsikaMPd, Sabtu (29/5/2021). Agus Suarsika mengungkapkan semenjak  semester II tahun ajaran 2020/21, semua kegiatan akademik SMAN 10 Denpasar dilakukan di  SMAN 4 Denpasar dan otomatis SMAN 10 Denpasar dipimpin oleh Kepala Sekolah SMAN 4 Denpasar.

Sebelumnya, ketika pertama kali menerima siswa-siswi pada tahun ajaran 2020/21 yang lalu, kegiatan akademik SMAN 10 Denpasar dilakukan di SMAN 5 Denpasar di bawah naungan Kepala Sekolah SMAN 5 Denpasar.  

“Semenjak awal tahun ini kami pindah ke SMAN 4 Denpasar. Itu karena sebelumnya di SMAN 5 Denpasar kepala sekolahnya, sebagai Plt Kepala Sekolah SMAN 10 Denpasar, pensiun. Jadi semenjak itu kami pindah bernaung di bawah kepemimpinan Kepala Sekolah SMAN 4 Denpasar sebagai Plt Kepala Sekolah SMAN 10 Denpasar," ungkapnya.

Namun, tambahnya saat ini SMAN 10 Denpasar secara resmi telah memiliki Kepala Sekolah definitif. Agus Suarsika terpilih sebagai Kepala Sekolah yang terletak di Jalan Bypass Ngurah Rai nomor 732, Pedungan, Denpasar Selatan tersebut per tanggal 1 Maret 2021.

Agus Suarsika mengungkapkan jika secara zonasi, sekolah yang dipimpinnya siap menerima siswa-siswi yang tinggal di wilayah Pemogan, Pedungan, maupun Kuta bagian timur.

Ada beberapa jalur penerimaan siswa yang dibuka, yakni, Zonasi, Afirmasi, Prestasi. "Untuk zonasi kami akan menerima siswa di wilayah Pemogan, Pedungan, Kuta timur,” ujarnya.

Dirinya pun mengungkapkan bahwa pada tahun ajaran yang pertama (2020/21) SMAN 10 Denpasar telah menerima siswa berjumlah 139 orang yang terbagi ke dalam empat kelas.

Disinggung mengenai apakah gedung yang ditempati sekarang (di SMAN 4 Denpasar) akan mencukupi untuk kegiatan belajar mengajar apabila tahun ajaran baru siswa-siswi diperbolehkan belajar secara tatap muka, dirinya menjelaskan hal tersebut sudah diantisipasi.

“Untuk semester satu tahun ajaran 2021/22 kemungkinan jika belajar tatap muka dapat dilangsungkan, hanya 50 persen siswa yang nanti boleh hadir di sekolah,” ujarnya.

Karena itu dirinya merasa yakin gedung yang ditempatinya saat ini, di SMAN 4 Denpasar, dapat mengantisipasi kemungkinan tersebut.

“Gedung kami di Pedungan direncanakan dapat digunakan mulai Januari 2022. Pada saat ini lantai dua dan lantai tiga hampir selesai pengerjaannya. Sementara untuk lantai satu akan dimulai pengerjaannya pada bulan Juni ini,” ungkap Agus Suarsika yang sebelumnya bertugas di SMAN 1 Mengwi.

Pantauan NusaBali.com di lokasi SMAN 10 Denpasar terlihat gedung sekolah masih belum rampung 100 persen. Lantai dua dan tiga terlihat sudah dapat digunakan sementara lantai satu sama sekali belum dikerjakan.

Hal tersebut juga terlihat pada gedung di sebelah selatan yang kemungkinan dipersiapkan sebagai gedung akademik atau administrasi, sama sekali belum siap digunakan.

Sementara untuk akses jalan terlihat sudah dilakukan pengaspalan. Jadwal penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK seluruh Bali telah diumumkan oleh Kepala Disdikpora Provinsi Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawijaya.  Rencananya PPDB SMA/SMK se-Bali tersebut akan dibuka mulai tanggal 14 Juni 2021.

 Adapun rinciannya adalah tahap I  tanggal 14-16 Juni 2021 (jalur afirmasi, jalur inklusi, jalur sertifikat prestasi, tahap II tanggal 21-23 Juni 2021 (jalur zonasi dan jalur sekolah dengan perjanjian), dan tahap III tanggal 28-30 Juni 2021 ( jalur ranking nilai rapor).*adi

Komentar