nusabali

Kolonel Inf Agus Muchlis Jabat Danrem Wira Satya

  • www.nusabali.com-kolonel-inf-agus-muchlis-jabat-danrem-wira-satya

DENPASAR, NusaBali
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto pimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Danrem 163/Wira Satya dari Brigjen TNI Choirul Anam kepada Kolonel Inf Agus Muchlis Latif. Selain itu juga diserahterimakan Asrendam IX/Udayana dari Kolonel Arm Johanes Toar Pioh kepada pejabat baru, Kolonel Arm Untoro Hariyanto.

Upacara Sertijab yang dihadiri para pejabat utama Kodam Udayana tersebut berlangsung di Aula Makodam IX/Udayana, Selasa (28/3) pagi. Acara Sertijab tersebut, ditandai dengan penciuman Pataka Kodam IX/Udayana, penanggalan dan penyematan tanda jabatan lama dan baru, serta penyerahan dan penerimaan tongkat komando dan Dhuaja Korem 163/WSA.

Brigjen TNI Choirul Anam meninggalkan kursi jabatan sebagai Danrem 163/WSA setelah menjabat kurang lebih setahun lamanya. Jenderal bintang satu dipundak ini kini menduduki jabatan Panglima divisi 3 Kostrad. Sementara Danrem baru, Kolonel Inf Agus Muchlis Latif sebelumnya menjabat sebagai Paband 1/Ren Spersad.  

Pangdam menegaskan pergantian pejabat di lingkungan TNI merupakan bagian dari mekanisme pembinaan organisasi dan personel sekaligus proses regenerasi kepemimpinan. Pergantian pejabat diharapkan dapat mendorong semangat pembaharuan dan pola pikir dalam rangka penyegaran, peningkatan kinerja organisasi serta upaya pengembangan karier, guna memperoleh pengalaman tugas dan wawasan yang lebih luas.

"Selain itu, pergantian pejabat juga memiliki makna strategis untuk meningkatkan kualitas satuan agar lebih efektif dalam melaksanakan tugas satuan sehingga mampu menjawab tantangan tugas yang semakin kompleks," ungkap Mayjen Sonny dalam upacara yang dihadiri oleh para pejabat utama Kodam IX/Udayana kemarin.

Pangdam mengingatkan para pejabat baru bahwa wilayah Kodam IX/Udayana berbatasan darat langsung dengan Negara Timor Leste dan memiliki beberapa pulau terluar yang memerlukan pengawasan dan pengamanan ekstra. Selain itu juga mempunyai tugas keprotokoleran pengamanan VIP dan VVIP yang intensitasnya cukup tinggi. Wilayah Kodam IX/Udayana, khususnya Bali sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan even-even yang berskala nasional maupun internasional.

Pangdam mengatakan konsekuensi dari tugas ini adalah seluruh prajurit Kodam IX/Udayana dituntut mampu melaksanakan tugas dengan baik guna menjaga situasi agar tetap kondusif dengan cara membangun kerjasama atau melakukan koordinasi yang terpadu antara seluruh staf yang ada.

"Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Brigjen TNI Choirul Anam dan Kolonel Arm Johanes Toar Pioh atas pengabdian, sumbangsih pemikiran dan karya nyata yang telah dicurahkan selama ini. Kami mendoakan semoga sukses dalam mengemban tugas dan tanggung jawab jabatan selanjutnya," pungkasnya. *pol

Komentar