nusabali

Ekspor Pakaian Bali Raih Rp 76,58 M

  • www.nusabali.com-ekspor-pakaian-bali-raih-rp-7658-m

Bali menghasilkan devisa sebesar 5,47 juta dollar AS ( sekitar Rp 76,58 miliar) dari pengapalan pakaian jadi bukan rajutan selama bulan Oktober 2015, meningkat 39,84 persen dibandingkan bulan sebelumnya (September 2015) tercatat 3,91 juta dolar AS (sekitar Rp 54,74 miliar).

Pendampingan
Sementara Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali Made Suastika dalam kesempatan terpisah menjelaskan, pihaknya melakukan program pendampingan tenaga ahli perancang busana (desainer) untuk perajin usaha tenun dengan harapan mampu meningkatkan devisa dari pengiriman jenis mata dagangan tersebut ke pasar ekspor.

Pendampingan tenaga ahli itu masih terbatas untuk usaha tenun di Kabupaten Klungkung dan Gianyar. Upaya itu diharapkan mampu meningkatkan kualitas desain pakaian untuk memenuhi selera konsumen di mancanegara.

Terobosan itu dilakukan mengingat perolehan ekspor nonmigas Bali, khususnya dari tekstil dan produk tekstil (TPT), semakin menurun. Hal itu akibat usaha TPT di Bali kalah bersaing dengan usaha serupa yang berkembang di Tiongkok dan India.

”Hal itu karena usaha TPT di Bali masih mengimpor bahan baku dari mancanegara, sedangkan kedua negara pesaing itu memiliki bahan baku berupa kain sutera sehingga tidak mendatangkan lagi dari luar negeri,” ujar Made Suastika. 7

Komentar