nusabali

Pendidikan Lalu Lintas Sejak Dini Cegah Pelanggaran

  • www.nusabali.com-pendidikan-lalu-lintas-sejak-dini-cegah-pelanggaran

MANGUPURA, NusaBali.com – Pengetahuan tentang aturan lalu lintas sangat penting untuk mencegah pelanggaran dan lakalantas. Pendidikan lalu lintas ini harus dimulai dari hulu yakni sejak usia dini.

Anak-anak memiliki kemampuan untuk merekam kebiasaan dengan baik. Sesuatu yang baik dalam hal ini pengetahuan lalu lintas, apabila dibiasakan sejak dini bakal menjadi tabiat seorang anak ketika beranjak dewasa.

Walaupun demikian, pendidikan ini harus konsisten. Tidak cukup hanya dilakukan oleh guru. Orangtua dan lingkungan berperan lebih besar dalam membentuk kebiasaan baik seorang anak.

Melihat potensi ini, Satlantas Polres Badung menyasar sekolah-sekolah untuk penerangan ilmu berlalu lintas sejak ini. Satu sekolah yang dikunjungi pada Senin (16/1/2023) pagi adalah SD Cerdas Insan Sejahtera (CIS) berlokasi di Perumahan Dalung Permai, Kuta Utara.

Pada hari pertama pasca cuti bersama Hari Raya Galungan dan Kuningan ini, beberapa siswa SD CIS dikenalkan aturan dan rambu lalu lintas secara sederhana.

Beberapa aspek yang dikenal kepada anak-anak sekolah dasar itu sangat dekat dengan mereka yakni seperti cara menyeberang. Selain itu, mereka juga diajarkan untuk selalu memakai helm saat dibonceng orangtua. Mengingat beberapa orangtua acuh terhadap penggunaan helm bagi anak-anak.

“Kunjungan ini menjadi sosialisasi dan pencegahan terhadap pelanggaran peraturan lalu lintas dan kecelakaan. Harapannya, ketika mereka tubuh dewasa dapat menjadi suri teladan bagi masyarakat,” ujar Kanit Dikyasa Satlantas Polres Badung Aiptu I Putu Ariasa saat memimpin tim kunjungan.

Di samping pengetahuan sederhana mengenai lalu lintas, anak-anak juga dikenalkan pada tugas Polisi Lalu Lintas (Polantas). Tidak sekadar tugas Polantas, hal lain seperti seragam, kelengkapan tugas seorang Polantas, hingga secuil ilmu baris berbaris pun diperkenalkan satu per satu.

Langkah ini sendiri diambil untuk mendekatkan Polantas kepada para tunas bangsa. Di mana sekian persen dari anak-anak yang diajak bertemu hari ini bisa saja menjadi anggota Polri di masa mendatang.

“Lewat kunjungan ini, selain pengetahuan lalu lintas, kami harap anak-anak juga bisa meningkatkan kedisiplinan diri mereka,” tandas Aiptu Ariasa. *rat

Komentar