nusabali

Bank BPD Bali Cabang Badung Luncurkan Balipay di SMAN 2 Kutsel

  • www.nusabali.com-bank-bpd-bali-cabang-badung-luncurkan-balipay-di-sman-2-kutsel

MANGUPURA, NusaBali
Bank BPD Bali Cabang Badung meluncurkan Balipay di SMAN 2 Kuta Selatan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung pada Sabtu (4/9) siang.

Peluncuran layanan terbaru itu bagian dari upaya mengurangi transaksi langsung di kalangan siswa, sehingga dengan demikian bisa mencegah berbagai penyakit, utamanya wabah global Covid-19. Di sisi lain, diluncurkan dikalangan siswa ini bagian dari upaya memperkenalkan sejak dini transaksi digital untuk masa depan.

Kepala Cabang Bank BPD Bali Cabang Badung Ni Ketut Lestari, mengatakan peluncuran Balipay ini berbarengan dengan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-3 SMAN 2 Kuta Selatan. Dalam perayaan puncak itu, berbagai pameran dan stand UMKM di area sekolah sudah memiliki layanan pembayaran yang terkoneksi dengan Balipay. Menariknya, dalam peluncuran perdana ini, Bank BPD Bali memberikan berbagai promosi kepada para siswa yang mengaktifkan Balipay.

“Untuk Balipay kita luncurkan berbarengan dengan ulang tahun sekolah, sehingga kita juga memberikan promo kepada siswa. Ya, promo ini untuk menggaet gen Z,” kata Lestari di sela-sela kegiatan peluncuran Balipay yang didampingi Kepala SMAN 2 Kuta Selatan I Nyoman Tingkat dan Ketua Komite Sekolah I Made Sujana.

Lestari mengatakan, pada peluncuran perdana Balipay ini sudah mengaktifkan 1.000 pengguna dari total keseluruhan 1.500 siswa. Jumlah ini nyaris separuh dari target di wilayah Badung, yakni 3.500 pengguna. Tidak hanya peluncuran Balipay semata, Bank BPD Bali juga memberikan informasi dan literasi keuangan bagi siswa agar bisa menabung sejak dini.

Dikatakan, peluncuran Balipay di SMAN 2 Kuta Selatan ini lanjtan dari program lainnya yang dilakukan sejak setahun lalu, di mana juga sudah membuat program Simpanan Pelajar (Simpel). Program ini sudah berjalan dengan baik dan memberikan banyak manfaat bagi siswa. “Jadi program Simpel ini sudah berjalan dengan baik. Banyak manfaat bagi siswa, karena bisa menambung dengan mudah. Ini tentunya bisa memberikan bekal bagi siswa jika nanti melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi,” kata Lestari.

Sementara, Kepala SMAN 2 Kuta Selatan I Nyoman Tingkat, mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Bank BPD Bali yang terlibat aktif dalam berbagai kegiatan dan program di SMAN 2 Kuta Selatan, bahkan juga menjadi sponsor dalam kegiatan HUT Ke-3 ini. Program Bank BPD Bali ini sesuai dengan tema yang diangkat dalam HUT, yakni mengaktualisasikan nilai dalam merdeka belajar berdasarkan penguatan budaya dan teknologi. “Bank BPD Bali sudah memfasilitasi dan mengedukasi para siswa untuk belajar menabung sejak dini dan juga ada Balipay yang baru diluncurkan untuk anak sekolah. Mudah-mudahan kerja sama ini terus berlanjut ke depannya,” harapnya.

Salah satu program yang sudah berjalan adalah program Simpel. Dalam program Simpel itu, pihaknya berharap anak-anak bisa menyisihkan sebagian uang jajannya setiap hari. Dia menyontohkan, siswa yang memiliki bekal Rp 15.000 per hari, bisa menyisihkan Rp 5.000, sebab sudah memberikan dampak yang laur biasa jika dilakukan selama setahun. Dengan begitu, siswa memiliki tabungan untuk bekal ke depannya.

Hal senada juga diktakan Ketua Komite SMAN 2 Kuta Selatan I Made Sujana. Adanya sarana digital dan berbagai program milik Bank BPD Bali ini sebagai implementasi sekolah merdeka. Jadi pihak industri juga ikut berkontribusi, salah satunya di bidang jasa keuangan. Bahkan, keterlibatan Bank BPD Bali ini sudah dilakukan sejak dulu, termasuk untuk pembayaran SPP. “Ini luar biasa, apalagi mendorong dan terjun langsung ke sekolah. Program ini memberikan edukasi kepada murid, bagaimana transaksi digital untuk masa depan,” katanya. *dar

Komentar