nusabali

Xavi Dipecat, Hansi Flick Merapat

  • www.nusabali.com-xavi-dipecat-hansi-flick-merapat

BARCELONA, NusaBali - Klub LaLiga Spanyol Barcelona secara resmi mengumumkan memecat Xavi Hernandez sebagai pelatih kepala setelah dipastikan tanpa gelar musim ini. Sebagai pengganti, dikhabarkan Barca menunjuk mantan pelatih Timnas Jerman dan Bayern Muenchen, Hansi Flick.

Diberitakan France24 pada Jumat (24/5), meski diumumkan resmi dipecat, namun Xavi masih akan mendampingi Barcelona pada pekan terakhir LaLiga Spanyol, pada hari Minggu .
"Presiden Barcelona Joan Laporta telah mengatakan kepada Xavi Hernandez bahwa dia tidak akan melanjutkan jabatan pelatih untuk musim 2024-25," tulis pernyataan resmi klub.

Pemecatan itu cukup mengejutkan, karena beberapa pekan lalu Xavi dilaporkan sepakat dengan Laporta tetap menangani Barcelona musim depan. Padahal Januari lalu, Xavi mengatakan dirinya akan pergi pada akhir musim. 

Namun setelah menunjukkan performa yang bagus pada April, Xavi dan Laporta sepakat bertahan untuk musim berikutnya, dengan kontraknya berakhir pada Juni 2025. Tapi situasinya berubah cepat saat media Spanyol melaporkan Laporta marah dengan komentar miring Xavi tentang Barcelona.

Ya, Xavi mengatakan sulit bagi Barcelona bersaing dengan Real Madrid dan tim elit Eropa lainnya karena Blaugrana sedang mengalami kesulitan finansial.

"Dalam beberapa hari mendatang, Barcelona akan mengungkap struktur kepelatihan baru untuk staf tim utama," tulis pernyataan resmi klub.

Menurut beberapa laporan, juru taktik asal Jerman Hansi Flick diyakini akan menjadi pelatih anyar untuk Blaugrana. Diketahui Flick terakhir kali melatih Timnas Jerman pada 2023.

Klaim jurnalis Fabrizio Romano menyebutkan, Barcelona sepakat dengan Hansi Flick sebagai pengganti Xavi.  Hansi Flick akan mulai bekerja pada musim 2024/2025.  "Hansi Flick menjadi pelatih baru Barcelona, terkonfirmasi dan here we go," tulis Romano di X. 

"Kesepakatan sudah komplet dan sudah disetujui sang agen Pini Zahavi lewat kontrak selama dua tahun," lanjut keterangan itu. 

Hansi Flick pun akan di Barcelona sampai 2026. Masih menurut sumber sama, Flick akan membawa dua asisten asal Jerman untuk mendampinginya. ant

Komentar