nusabali

Suaramu Untuk Indonesia

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024

KOALISI
NasDem, PKB, PKS, Partai Ummat
*Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus Pimpin Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin / Timnas AMIN

KOALISI
Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, Gelora, Garuda, PSI
*Rosan Perkasa Roeslani Pimpin Tim Kampanye Nasional / TKN Prabowo-Gibran

KOALISI
PDIP, PPP, Perindo, Hanura
*Mohammad Arsjad Rasjid Pimpin Tim Pemenangan Nasional / TPN Ganjar-Mahfud

Sudah siap memilih? Sebelum mengambil keputusan, telaah dengan seksama informasi terkait kandidat yang akan dipilih! Mengetahui dengan lebih rinci mengenai Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Paslon Pilpres) pada Pemilu 2024 sangat penting. Kenali dengan seksama riwayat, visi misi, profil, dan informasi terkini terkait kandidat tersebut.



Polling Cepat Pembaca NusaBali

Siapa Calon Presiden dan Wakil Presiden pilihanmu di Pemilu 2024?

loading
terima kasih telah berpartisipasi

hasil polling cepat Pembaca NusaBali

5%

Anies Baswedan
Muhaimin Iskandar

Jumlah Voter: 20

36%

Prabowo Subianto
Gibran Rakabuming

Jumlah Voter: 144

59%

Ganjar Pranowo
Mahfud MD

Jumlah Voter: 234



Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali sudah memfinalisasi daftar calon tetap atau DCT anggota legislatif Provinsi Bali untuk tingkat pemilihan DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten / Kota di Pemilu 2024 yang telah ditetapkan pada 3 November 2023. Masyarakat sipil mendorong partai politik untuk mengarahkan caleg di partainya membuka daftar riwayat hidup mereka untuk dipelajari warga di tengah masa kampanye yang pendek.

Kenali dan Cermati Daftar Calon Tetap Anggota Legislatif Provinsi Bali di Pemilu 2024

Agenda Pemilu 2024

Peraturan KPU No.3 Th 2022 Tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024
TAHUN 2022
14 Juni 2022 - 14 Juni 2024
Penyusunan perencanaan, program, dan anggaran Pemilu
14 Juni 2022 - 14 Desember 2023
Penyusunan peraturan KPU
14 Oktober 2022 - 21 Juni 2023
Pemutakhiran data Pemilih dan penyusunan daftar Pemilih
29 Juli 2022 - 13 Desember 2022
Pendaftaran dan verifikasi Peserta Pemilu
14 Desember 2022
Penetapan Peserta Pemilu
14 Oktober 2022 - 9 Februari 2023
Penetapan jumlah kursi dan penetapan daerah pemilihan
6 Desember 2022 - 25 November 2023
Pencalonan Anggota DPD

TAHUN 2023
24 April 2023 - 25 November 2023
Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota
19 - 25 Oktober 2023
Masa Pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden
28 November 2023 - 10 Februari 2024
Masa Kampanye Pemilu

TAHUN 2024
11 - 13 Februari 2024
Masa Tenang
14 Februari 2024
Pemungutan suara
14 - 15 Februari 2024
Penghitungan suara
15 Februari 2024 - 20 Maret 2024
Rekapitulasi hasil penghitungan suara
Maks. H+3 setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK
Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Catatan: Jika tidak terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah putusan MK dibacakan
Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Catatan: Jika terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPR Catatan: Jika tidak terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional pasca putusan MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPR Catatan: Jika terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Catatan: Jika tidak terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional pasca putusan MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Catatan: Jika terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten/Kota Catatan: Jika tidak terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional pasca putusan MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten/Kota Catatan: Jika terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD DPD Catatan: Jika tidak terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional pasca putusan MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPD Catatan: Jika terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
1 Oktober 2024
Pengucapan sumpah/janji anggota DPR dan DPD
20 Oktober 2024
Pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden
Disesuaikan dengan akhir masa jabatan masing-masing anggota DPRD kabupaten/kota
Pengucapan sumpah/janji anggota DPRD kabupaten/kota
Disesuaikan dengan akhir masa jabatan masing-masing anggota DPRD provinsi
Pengucapan sumpah/janji anggota DPRD provinsi

Berita Seputar Gong Demokrasi Terkini

MANGUPURA, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung merekrut 1.509 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang. Sebanyak 1.509 Pantarlih/PPDP tersebut akan bertugas di 759 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 6 kecamatan se-Kabupaten Badung.

Bila koalisi PDIP-PKS untuk mendukung Anies terealisasi, tantangannya bagaimana kedua partai tersebut bekerja sama

AMLAPURA, NusaBali - Bakal calon Bupati Karangasem dari Partai Demokrat, I Wayan Pandu Prapanca Lagosa menemui bakal calon bupati dari Partai NasDem I Gusti Putu Parwata alias Gus Par di Jero Subagan, Jalan Ahmad Yani, Karangasem, Senin (10/6) pukul 10.00 Wita

NEGARA, NusaBali - Perwujudan Kura-Kura bernama Si Kura menjadi maskot Pilkada Jembrana 2024. Maskot Pilkada di Gumi Makepung ini diluncurkan dalam acara peluncuran maskot dan jingle Pilkada Jembrana 2024 di Gedung Kesenian DR Ir Soekarno, Jembrana, Sabtu (8/6) malam. Sementara Sekda Jembrana I Made Budiasa optimis masyarakat Kabupaten Jembrana semakin antusias menyambut Pilkada 2024.

DENPASAR, NusaBali - Ketua DPD II Golkar Tabanan Nyoman Wirya dipanggil Ketua DPD I Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry, Senin (10/6) siang. Pemanggilan Wirya dan jajaran pengurus Golkar Tabanan di Kantor DPD I Golkar Bali, Jalan Surapati Nomor 9 Denpasar tersebut karena mangkir saat pembentukan KIM Plus untuk Pilkada Tabanan 2024, Sabtu (8/6) lalu.

Selain dikemas dalam bentuk hiburan, launching dimaksudkan sebagai ajang sosialisasi menyambut Pilkada pada 27 November 2024.

JAKARTA, NusaBali - Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic), Ahmad Khoirul Umam, menilai bahwa interaksi antara Anies Baswedan dan PDIP yang saling mengirim sinyal terkait potensi kerja sama di Pilkada Jakarta, merupakan bagian dari upaya penjajakan.

MANGUPURA, NusaBali.com - KPU RI telah menegaskan, calon anggota legislatif (caleg) terpilih wajib mundur jika maju Pilkada 2024 ini. KPU Provinsi Bali menunggu regulasi terulis alias Peraturan KPU (PKPU) yang mengatur lebih detail terkait mekanisme ini.

MANGUPURA, NusaBali.com - Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi sorotan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Satu di antaranya adalah keterlibatan ASN aktif yang masuk proses Pilkada di partai politik (parpol).

SINGARAJA, NusaBali - Kandidat Calon Bupati Buleleng, Kadek Doni Riana merapat ke Kantor DPC Gerindra Kabupaten Buleleng, Kamis (6/6). Dia bertemu langsung dengan Ketua DPC Gerindra Buleleng sekaligus Ketua Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, Kabupaten Buleleng Gede Harja Astawa. Doni Riana mengungkapkan keseriusannya ikut berkontestasi di Pilkada Buleleng 2024 melalui KIM Plus.

JAKARTA, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum RI menyimulasikan penggunaan e-Coklit untuk mempersiapkan tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih Pilkada 2024 kepada jajaran KPU provinsi dan kabupaten/kota.

JAKARTA, NusaBali.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) telah mengeluarkan sejumlah rekomendasi dan memberikan pelatihan kepada calon kandidat yang akan maju dalam Pilkada Serentak 2024.

MANGUPURA, NusaBali.com - KPU Badung mengenalkan ikon Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) 2024 berupa sepasang karakter kera ekor panjang (monyet) yang melengkapi maskot tradisi Pilbup Badung.

MANGUPURA, NusaBali.com - KPU Kabupaten Badung memasang target partisipasi pemilih sebesar 90 persen untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Badung. Target ini melampaui target awal dan pencapaian target Pemilu 2024 lalu.

DENPASAR, NusaBali.com - Koordinator Koalisi Indonesia Maju (KIM) Provinsi Bali, Made Muliawan Arya alias De Gadjah, menegaskan bahwa partai-partai yang tergabung dalam KIM Bali tetap solid.

MANGUPURA, NusaBali.com - Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Badung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Nasional 2024 ini disebut bakal seru lantaran dua pasangan calon (paslon) diprediksi akan berlaga 'head to head.'

AMLAPURA, NusaBali - Bakal calon Bupati Karangasem dari Partai NasDem, I Gusti Putu Parwata alias Gus Par menemui sang maestro penulis aksara Bali di daun lontar yang notabene peraih Anugerah Kebudayaan Nasional 2019, I Wayan Mudita Adnyana, 93, di kediamannya Banjar Adat Kauh, Desa Adat Tenganan Pagringsingan, Desa Tenganan, Kecamatan Manggis, Karangasem, Rabu (5/6).

SEMARAPURA, NusaBali - Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang digagas Partai Golkar, Gerindra, Demokrat, PSI plus NasDem dan PKB untuk Pilkada Serentak 2024 dirancang linier ke daerah. Di Pilkada Klungkung, KIM sudah utak-atik dua pasangan calon (paket,red) Calon Bupati-Calon Wakil Bupati Klungkung.

Suyasa ngotot jadi calon Bupati Karangasem dari KIM yang dimotori Partai Golkar, Gerindra, Demokrat, PSI plus NasDem

JAKARTA, NusaBali - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep merespons mengenai kabar tentang dirinya yang akan maju dalam Pilkada Jakarta.