nusabali

Veddriq Leonardo Juara di Kualifikasi Olimpiade

  • www.nusabali.com-veddriq-leonardo-juara-di-kualifikasi-olimpiade

SHANGHAI, NusaBali - Alet panjat tebing speed putra Indonesia Veddriq Leonardo menjadi juara dan meraih medali emas dalam kejuaraan IFSC Climbing Olimpic Qualifier di Shanghai, China, Sabtu (18/5). Kejuaraan tersebut merupakan sesi kualifikasi ke Olimpiade Paris 2024.

"Selamat untuk Veddriq Leonardo peraih medali emas di kategori speed dengan catatan waktu 4.83 detik," demikian keterangan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Sabtu.

Leonardo mengungguli lawan asal China Wu Peng yang finis di peringkat dua dengan 4,88 detik atau hanya berselisih waktu 0,05 detik.  Persaingan ketat antara kedua atlet muncul pada babak sebelumnya dengan catatan waktu Leonardo 4,95 detik (peringkat dua), sedangkan Wu Peng finis di peringkat satu dengan catatan waktu 4,94 detik.

Leonardo berhasil memperbaiki performa pada babak selanjutnya hingga mengungguli tuan rumah dengan finis pada peringkat satu. FPTI melaporkan, selain Leonardo, prestasi gemilang juga ditorehkan atlet speed putri Rajiah Salsabillah yang meraih medali perak dengan catatan waktu 6,75 detik.

Sebelumnya, Sekjen FPTI Herry Heryawan mengatakan, kejuaraan panjat tebing seri Shanghai masuk dalam sesi kualifikasi Olimpiade sehingga pemenang podium akan secara otomatis masuk dalam daftar atlet yang akan bertarung pada Olimpiade Paris.

Meski demikian, FPTI belum mengumumkan tambahan atlet yang berhasil mengantongi tiket ke Olimpiade Paris 2024 melalui sesi kualifikasi di Shanghai.

Saat ini, sudah dua atlet panjat tebing yang telah mengantongi tiket berkompetisi pada ajang olahraga tertinggi dunia di Paris yaitu Desak Made Rita Kusuma Dewi nomor speed putri dan Rahmat Adi Mulyono pada nomor speed putra. ant

Komentar