nusabali

Polisi Perketat Pengamanan Pintu Masuk Bali saat WWF

  • www.nusabali.com-polisi-perketat-pengamanan-pintu-masuk-bali-saat-wwf

SINGARAJA, NusaBali - Polres Buleleng memperketat pengamanan di sejumlah pelabuhan yang menjadi pintu masuk Bali Utara. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah pengamanan perhelatan Word Water Forum (WWF) ke-10 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, yang mulai berlangsung pada 18 hingga 25 Mei 2024.

Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi mengatakan, pengetatan akan dilakukan di Pelabuhan Celukan Bawang, pelabuhan rakyat, serta Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Sangsit. Kapal yang di pelabuhan tersebut dilakukan pengecekan ABK maupun barang bawaan yang dibawa kapal. 

Dalam pengamanan tersebut Polres Buleleng menerjunkan sebanyak 309 personel. Selain melakukan pengaman di pelabuhan, ratusan personil itu juga melakukan pengamanan di jalur darat. Penjagaan akan dilakukan di titik-titik perbatasan wilayah Buleleng. 

“Polres Buleleng akan berfokus dalam pencegahan aksi radikal dan teror selama perhelatan WWF 2024 Bali. Dengan mengantisiasi masuknya barang berbahaya baik melalui jalur laut, Pelabuhan Celukan Bawang, pelabuhan Sangsit dan juga jalur-jalur tikus,” terang AKBP Widwan, Jumat (17/5).

Operasi pengamanan ini sendiri dimulai pada Jumat dengan Apel Kesiapan Ops Puri Agung dalam rangka pengamanan World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 di Lapangan Pelindo Pelabuhan Celukan Bawang, Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Buleleng.

AKBP Widwan menyebut, dalam pelaksanaan WWF di Bali tersebut, diperkirakan akan dihadiri oleh 9.477 orang degelasi dari 104 negara. Dengan hadirnya ribuan orang-orang penting perwakilan negara itu, tentu berpotensi menjadi incaran teror. Selain pengamanan yang dilakukan polisi, pihaknya mengajak masyarakat untuk turut menjaga keamanan di daerahnya masing-masing. 

“Buleleng merupakan Kabupaten dengan garis pantai terpanjang di Provinsi Bali yang membentang dari ujung Pantai Tejakula sampai Menjangan, tentu dibutuhkan sinergitas dari segala pihak dalam melaksanakan pengawasan dan keamanannya. Ini harus mendapat perhatian khusus,” tandas dia.7 mzk

Komentar