nusabali

Denpasar Targetkan Seluruh Posyandu

Disasar Program Desa Peduli Gigi

  • www.nusabali.com-denpasar-targetkan-seluruh-posyandu

DENPASAR, NusaBali - Tim Penggerak PKK Kota Denpasar menargetkan seluruh posyandu di tingkat desa/kelurahan dapat disasar dengan program Desa Peduli Gigi (Deligi) menuju Indonesia Bebas Karies 2030.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara di Denpasar, Senin (13/5), mengatakan terkait program Deligi ini pihaknya bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar untuk melakukan sosialisasi kesehatan gigi dan mulut.

“Tidak hanya sosialisasi, tetapi melakukan praktik bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sekaligus melakukan pemeriksaan gigi pada posyandu paripurna,” kata Sagung Antari.

Istri walikota Denpasar ini mengatakan tahun ini ada enam lokasi posyandu paripurna yang sudah melakukan pemeriksaan gigi dan mulut, khususnya terhadap ibu hamil, balita, dan lansia.

“Untuk selanjutnya, kegiatan ini menyasar seluruh posyandu yang ada di desa/kelurahan di Kota Denpasar bekerja sama dengan puskesmas setempat,” imbuh Sagung Antari.

Program Deligi, lanjut Sagung Antari, merupakan program yang sebelumnya disampaikan istri Pj Gubernur Bali sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali.

“Jadi kami melanjutkan secara berjenjang, yakni dari provinsi ke kabupaten/kota, kecamatan hingga desa/kelurahan, dan kami melakukan melalui posyandu yang ada di Denpasar,” katanya.

Dia berharap kerja sama tersebut terus berkelanjutan dengan kegiatan-kegiatan Deligi di 43 desa/kelurahan di Kota Denpasar, yang tentunya juga didukung pendampingan dokter gigi dari masing-masing puskesmas di lokasi dekat posyandu.

“Kesehatan gigi dan mulut ini sangat penting karena makanan masuk melalui mulut. Dengan sehatnya mulut dan gigi maka makanan yang dikonsumsi juga lebih sehat,” ucap Sagung Antari.

Terlebih, kata Sagung Antari, sekarang ini anak-anak juga ada kecenderungan gemar mengonsumsi makanan olahan yang banyak mengandung pemanis, sehingga penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Sebelumnya Rektor Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar I Made Sukamerta menyambut baik kerja sama dan kolaborasi dengan TP PKK Denpasar tersebut.

Menurut dia, hal ini sejalan dengan salah satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian di masyarakat.

“Unmas akan memberikan dukungan kepada masyarakat Kota Denpasar sebagai wujud dari salah satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian di masyarakat, melalui program pemeriksaan gigi dan mulut ini,” ujarnya. 7 ant

Komentar