nusabali

Guardiola Pede Manchester City Juara

Chelsea Buka Peluang ke Eropa, Burnley Degradasi

  • www.nusabali.com-guardiola-pede-manchester-city-juara

Kami ingin tiba di laga terakhir dengan penentuan takdir ada di tangan kami. Bermain melawan West Ham United di kandang dengan takdir yang menjadi milik kami.

LONDON, NusaBali
Manchester City (ManCity) semakin percaya diri (pede) mampu mempertahankan gelar juara Liga Inggris 2023/2024. Rasa percaya diri itu muncul dari pelatih Pep Guradiola, usai ManCity melibas Fulham 4-0 di Craven Cottage, London, Sabtu (11/05) malam WITA.

Josko Gvardiol menjadi kunci kemenangan ManCity lewat dua gol, sedangkan Phil Foden dan Julian Alvarez masing-masing membuat satu gol. Kemenangan itu membawa ManCity ke puncak klasemen dengan 85 poin. Arsenal di urutan dua lewat 83 poin, meski belum memainkan laga pekan ke-37.

Tapi Man City punya tabungan satu laga, sehingga Guardiola mengatakan sukses atau tidaknya The Citizens mempertahankan gelar juara tergantung kepada diri sendiri.

"Impian kami seperti kami katakan beberapa pekan yang lalu ketika Arsenal kalah dari Aston Villa. Kami ingin tiba di laga terakhir dengan penentuan takdir ada di tangan kami. Bermain melawan West Ham di kandang dengan takdir yang menjadi milik kami," kata Pep Guardiola.

Guardiola pun memuji skuad ManCity yang menurutnya mampu keluar dari tekanan. Dia menilai, para pemain menikmati bermain dengan tekanan tinggi. Para pemain ini, kata Guardiola, dalam beberapa tahun terakhir mampu melakukannya. 

Ya, ManCity meraih kemenangan besar atas Fulham. Laga baru berjalan 13 menit, City mampu mencetak gol. Umpan Kevin De Bruyne berhasil diteruskan Josko Gvardiol.

Manchester City terus mendominasi laga dan Fulham sangat kesulitan mencoba mengembangkan permainan. City menggandakan keunggulan di menit ke-59 lewat Phil Foden. Gvardiol mencetak gol lagi dan Julian Alvarez menutup gol lewat titik penalti, hingga City unggul 4-0. 

Sementara di laga Premier League lainnya, Chelsea meningkatkan peluang tampil di kompetisi Eropa musim depan dengan cara yang dramatis saat mencetak dua gol dalam dua menit untuk mengamankan kemenangan 3-2 di kandang Nottingham Forest, Minggu (12/5) dinihari Wita.

Pasukan Mauricio Pochettino hampir kalah, saar eks pemain Chelsea Callum Hudson-Odoi melakukan tendangan melengkung dengan indah untuk membawa Forest unggul 2-1 dengan waktu tersisa 10 menit. 

Raheem Sterling memicu kebangkitan dengan tendangan dari tepi kotak penalti, sebelum pemain pengganti Reece James memberi umpan kepada Nicolas Jackson untuk menyundul bola dari jarak dekat.

Hasil ini membuat Chelsea memiliki poin yang sama dengan tim peringkat keenam Newcastle dan unggul tiga poin dari Manchester United (MU) dengan selisih gol yang jauh lebih tinggi. Slot Eropa bisa turun hingga posisi ketujuh di akhir musim.

Sedangkan Tottenham Hotspur membuka asa lolos ke Liga Champions musim depan usai mengalahkan Burnley 2-1. sekaligus mengirim tim asuhan Vincent Kompany itu degradasi ke divisi dua (Liga Championship). 

Spurs meraih 63 poin, selisih empat angka dari Aston Villa di posisi empat dengan sama-sama menyisakan dua laga. Sedangkan Burnley hanya numpang lewat di Premier League setelah promosi musim lalu. 

Burnley sepanjang musim ini menderita 23 kekalahan, 9 kali imbang dan 5 kali menang dengan meraih 24 poin. Mereka unggul delapan poin dari tim juru kunci Sheffield United, dan tertinggal enam angka dari Nottingham Forest di peringkat 17. ant

Komentar