nusabali

GKBK Jembrana Direvitalisasi Rp 25 Miliar

Disokong Dana BKK Pemkab Badung

  • www.nusabali.com-gkbk-jembrana-direvitalisasi-rp-25-miliar

NEGARA, NusaBali - Tahun 2024, Pemkab Jembrana akan merevitalisasi areal Gedung Kesenian Dr Ir Soekarno atau Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) di Jalan Sudirman, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Jembrana. Untuk revitalisasi tersebut disiapkan anggaran Rp 25 miliar dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Pemkab Badung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Jembrana I Wayan Sudiarta mengatakan, saat ini masih dilakukan finalisasi design terkait revitaliasi GKBK Jembrana. Pihaknya menargetkan proses tender revitaliasi itu akan digulirkan pada pertengahan bulan Mei ini. "Target kami akhir bulan Mei ini sudah ada pemenang tender," ujar Sudiarta. 

Dalam revitalisasi nanti, kata Sudiarta, ada bermacam item pembangunan. Diantaranya penataan lanskap, perbaikan atap stage dengan menonjolkan stil Bali, perluasan gedung utama, termasuk pembangunan jembatan pada sisi barat, selatan, dan timur kolam. "Nanti patung singa yang di areal stage akan diganti patung makepung. Kemudian di railing jembatan utama akan dihiasi patung naga," kata Sudiarta.

Menurut Sudiarta, tambahan 3 jembatan itu tidak hanya sekedar mempermudah akses keluar-masuk GKBK. Namun tambahan jembatan itu juga bertujuan untuk jalur evakuasi ketika terjadi keadaan darurat. Mengingat dangan hanya adanya satu jembatan saat ini pengunjung kerap harus berdesak-desak ketika selesai mengikuti acara di GKBK.

"Nanti setiap jembatan juga tetap diisi gate. Kalau pas kegiatan yang berbayar, dibuka satu pintu. Tetapi setelah acara selesai, bisa semuanya dibuka sehingga tidak semua berdesakan. Atau bisa juga nanti setiap pintu dijaga sehingga pengunjung enak saat masuk ke tempat acara," ujar Sudiarta.

Untuk perluasan gedung utama akan diperluas ke arah selatan pada sisi gedung barat dan timur. Nantinya areal taman bermain anak yang ada di selatan gedung juga akan diperkecil, namun ada tambahan areal taman bermain anak di sisi timur kolam. Kemudian untuk tempat pedagang atau stand UMKM akan disediakan di luar kolam. 

"Nanti juga ada pengadaan dua LED besar. Rencananya ukuran 4x8 meter dan 3x6 meter untuk di ruang timur dan barat. Ruangan yang di barat akan digunakan ruang rapat VIP dan di timur VVIP dengan kapasitas sekitar 300 hingga 350 orang," ucap Sudiarta.7ode

Komentar