nusabali

Sky Bridge akan Menghubungkan Stasiun KA Banyuwangi dan Pelabuhan Ketapang!

  • www.nusabali.com-sky-bridge-akan-menghubungkan-stasiun-ka-banyuwangi-dan-pelabuhan-ketapang

BANYUWANGI, NusaBali.com - Kabar gembira bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke Bali via Banyuwangi! Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan rencana pembangunan jembatan penyeberangan layang atau sky bridge dari Stasiun Kereta Api ke Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, Jawa Timur, akan segera terwujud.

"Saat ini desain sky bridge sudah selesai, yang merancang Andramatin. Namun pembangunannya ranah Kementerian PUPR, kami akan buatkan nota ke Pak Menteri PUPR untuk mempercepat proses pembangunannya, jadi nanti ada sky bridge juga terminal VVIP,” ujar Menhub Budi Karya saat kunjungan kerja di Banyuwangi, Kamis (9/5/2024).

Sky bridge ini nantinya akan memudahkan perpindahan wisatawan dari moda transportasi kereta api ke kapal laut. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan efisiensi waktu bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke Banyuwangi ataupun melanjutkan perjalanan ke Pulau Dewata, Bali.

Menteri Budi Karya juga menyatakan siap mendukung kembali pengembangan infrastruktur untuk mengkoneksikan potensi wisata Banyuwangi yang ujungnya bisa meningkatkan perekonomian daerah. “Kabupaten produktif seperti Banyuwangi ini pasti sering kami kunjungi dan kami pikirkan konektivitas potensi-potensi yang ada,” katanya.

Dukungan penuh diberikan kepada Banyuwangi karena berbagai prestasi yang diraih di level nasional hingga internasional. “Saya juga paling sering ke sini, karena apa? Di sini punya daya tarik wisata dan bisa jadi contoh bagi kabupaten atau daerah yang lain,” ucap Menhub Budi Karya.

Selain sky bridge, Menhub Budi Karya juga mendukung perpanjangan relasi kereta api ke Banyuwangi, yakni rute Banyuwangi-Jakarta pergi pulang. Hal ini diharapkan dapat menambah potensi kunjungan wisatawan menuju kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyampaikan terima kasih atas dukungan Kementerian Perhubungan untuk pembangunan jembatan layang antara dari Stasiun KA Banyuwangi Baru dan Pelabuhan ASDP Ketapang.

“Alhamdulillah, saat ini juga sedang direnovasi Stasiun Banyuwangi Kota untuk meningkatkan kenyamanan penumpang. Renovasi stasiun juga menjadi daya tarik bagi wisatawan,” ujarnya.

Mari kita nantikan kehadiran sky bridge yang akan semakin memudahkan dan memperlancar mobilitas para wisatawan di Banyuwangi! Semakin mudah aksesnya, semakin banyak wisatawan yang akan datang dan semakin berkembang pula ekonomi Banyuwangi.

Komentar