nusabali

Empat Lapangan di Bali Jadi Tempat Latihan Peserta

Jelang Piala Asia Putri U-17, Tim Risk Assessment Datangi Bali United Training Center

  • www.nusabali.com-empat-lapangan-di-bali-jadi-tempat-latihan-peserta

DENPASAR, NusaBali - Sebanyak empat stadion dan lapangan di Bali menjadi lokasi latihan bagi tim peserta kejuaraan sepakbola Piala Asia Putri U-17, sebelum mereka menjalani laga perdana pada Senin (6/5).

“Tempat latihan itu seluruhnya sudah berstandar internasional,” kata Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Asprov PSSI) Bali Ketut Suardana, di Denpasar, Sabtu (4/5).

Untuk memitigasi kendala, Bali United Training Center pun langsung dicek petugas gabungan, termasuk dari kepolisian. Penilaian risiko terhadap sistem manajemen penyelenggaraan keamanan kompetisi olahraga ini berlangsung pada 2-4 Mei. Tim Risk Assessment terdiri dari ketua tim Kombes Pol I Gede Putu Dedy Ujiana, serta para anggota AKBP Gusti Maychandra, AKBP AA Gede Agung Pujanggayasa, Mangasa Ritonga dan Adi Kuntoro, yang didampingi Polda Bali, Polres Gianyar, Pemadam Kebakaran Gianyar dan PMI Gianyar. 

Penerapan sistem Penilaian Risiko Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga itu berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2022 (Perpol 10 Tahun 2022) yang meliputi aspek infrastruktur, kesehatan, risiko kompetisi, keamanan pada sistem manajemen pengamanan, keselamatan, dan informasi.

Adapaun empat stadion dan lapangan tersebut adalah Stadion Ngurah Rai di Denpasar; Pemusatan Latihan Bali United di Pantai Purnama di Sukawati, Gianyar; Lapangan Gelora Samudera di Kuta, Badung, dan Stadion Kompyang Sujana di Denpasar. Tempat tersebut sebelumnya telah direvitalisasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak 2020.

Sedangkan lokasi utama pelaksanaan turnamen tingkat Asia itu digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta dan Lapangan Pemusatan Latihan Bali United di Pantai Purnama, Kecamatan Sukawati. Kedua lokasi itu di Kabupaten Gianyar. Adapun jarak dari Stadion Dipta ke Pemusatan Latihan Bali United sekitar 10 kilometer.

Venue Bali United Training Center akan dijadikan venue laga Grup B, yang terdiri dari Jepang, China, Australia dan Thailand. Sedangkan venue grup A di Stadion Kapten I Wayan Dipta, untuk memainkan laga Indonesia, Filipina, Korea Utara dan Korea Selatan. 

Sedangkan skuad timnas Indonesia Putri U-17 terdiri dari 30 pemain terpilih. Mereka ditangani pelatih asal Jepang Satoru Mochizuki. Indonesia akan menjamu Filipina di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (9/5) malam, pukul 19.00 Wita. Sedangkan duel tim Korea Selatan kontra Korea Utara akan menjadi laga pembuka Piala Asia Putri U-17, di Pemusatan Latihan Bali United, Senin (6/5), pukul 16.00 Wita. 

Sementara itu, Timnas Jepang Putri U-17 menjalani latihan perdana di Denpasar termasuk untuk menyesuaikan cuaca panas di Bali. Tim Negeri Sakura itu memboyong 23 pemain ke Bali.  

“Tantangannya cuaca, suhu, karena di Jepang sekarang ini musim semi yang mungkin terbiasa nyaman untuk pemain,” kata Pelatih Fisik Timnas Jepang Putri U-17 Hiroshi Yamada, Sabtu.

Untuk menyiasati perbedaan cuaca itu, kata Yamada, timnas Jepang sebelumnya terbang ke Bangkok, Thailand untuk melakukan latihan persiapan sebelum bertandang ke Bali.

Sedangkan materi latihan, kata Yamada, pada latihan perdana di Bali dirinya menekankan pertahanan, posisi hingga keterikatan relasi antarpemain. Timnas Jepang dijadwalkan menghadapi Thailand pada Selasa (7/5) pukul 19.00 Wita di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar. dar

Komentar