nusabali

Indonesia vs Guinea Digelar Tertutup

Elkan Baggot Dipanggil Perkuat Garuda Muda

  • www.nusabali.com-indonesia-vs-guinea-digelar-tertutup

FIFA+ akan menyiarkan pertandingan tertutup Indonesia kontra Guinea secara langsung pada 9 Mei. Otoritas keamanan Prancis tidak mengizinkan laga tersebut digelar secara terbuka demi alasan keamanan jelang Olimpiade Paris 2024.

JAKARTA, NusaBali - Federation Internationale de Football Association (FIFA) mengumumkan pertandingan play off  Olimpiade antara Tim nasional  Indonesia U-23 melawan Timnas U-23 Guinea, di Prancis, 9 Mei mendatan, digelar secara tertutup karena alasan keamanan.

"FIFA+ akan menyiarkan pertandingan tertutup Indonesia lawan Guinea secara langsung pada 9 Mei," demikian keterangan FIFA di laman resmi FIFA, Sabtu (4/5).

Otoritas keamanan Prancis tidak mengizinkan pertandingan tersebut digelar secara terbuka demi alasan keamanan menjelang Olimpiade Paris 2024. FIFA menyebutkan laga Indonesia dan Guinea berlangsung di Clairefontaine, pusat sepak bola nasional Prancis.

Dijelaskan, saat ini, sudah ada 15 dari 16 tim yang akan ambil bagian dalam turnamen sepak bola Olimpiade putra. Sehingga hanya tersisa satu tiket yang harus diisi tim yang menang dalam laga Indonesia melawan Guinea.

"Anda dapat menyaksikan pertandingan play off penentuan antara Indonesia dan Guinea secara langsung di FIFA+," demikian FIFA.

Laga timnas Indonesia U-23 melawan Guinea merupakan peluang terakhir bagi Garuda Muda memperebutkan tiket untuk ikut berkompetisi pada ajang olahraga tertinggi dunia di Paris itu.

Tim asuhan Shin Tae-yong belum berhasil memastikan diri lolos ke Olimpiade pada kesempatan pertama karena kalah dari Irak 1-2, pada laga perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5).

Guinea tim yang berstatus peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023. Berdasarkan ranking FIFA pada April, Guinea di peringkat ke-76 FIFA dengan 1.324,65 poin. Sedangkan Indonesia berada di peringkat ke-134 FIFA dengan 1.102,7 poin.

Sementara itu, Badan Tim Nasional (BTN) memanggil Elkan William Tio Baggot untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 atau Garuda Muda menghadapi Guinea dalam perebutan tiket Olimpiade Paris 2024.

"Kami sudah melakukan pemanggilan terhadap Elkan Baggot dan tinggal menunggu respon dari klubnya (Ipswich Town)," ujar Ketua BTN Sumardji, dalam rilis PSSI, Sabtu.

Elkan Baggot dikenal publik pada 2020 saat dipanggil PSSI untuk memperkuat timnas Garuda U-19 dalam laga persahabatan melawan Makedonia Utara. Pemain keturunan Indonesia-Inggris itu bergabung tim junior Ipswich Town pada 2019 dan diminta bergabung tim senior pada 2020. Elkan menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Ipswich Town pada 2021.

Sedangkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan penampilan Garuda Muda pada Piala Asia sangat membanggakan karena menjadi empat terbaik dalam kejuaraan tingkat Asia termasuk Australia. Erick juga mengatakan peluang Garuda Muda tampil pada Olimpiade Paris 2024 juga masih terbuka melalui laga melawan Guinea.

"Garuda Muda tampil sebagai tim debutan, tapi mampu menjadi salah satu dari empat tim terbaik di turnamen ini, (Piala Asia)," ujar Erick Thohir. ant

Komentar