nusabali

Venue PON di Aceh Belum Rampung

  • www.nusabali.com-venue-pon-di-aceh-belum-rampung

BANDA ACEH, NusaBali - Pengerjaan renovasi arena (venue) untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut hingga kini belum rampung dan terus dilembur siang malam. Meski demikian, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh menyebutkan Pemprov Aceh optimistis venue tersebut rampung tepat waktu sesuai target pada Juli 2024.

“Kami optimistis dan yakin seluruh venue akan selesai tepat waktu, karena pekerjaannya telah dilakukan percepatan di setiap venue yang direnovasi,” kata Kepala Dispora Aceh Nasir Syamaun di Banda Aceh, Jumat (3/5).

Nasir Syamaun menjelaskan terdapat 14 venue PON XXI yang sedang dalam pengerjaan renovasi oleh Kementerian PUPR dari total 18 venue di Aceh. Sedangkan empat venue sisanya masih dalam proses tender, dan ditargetkan akan mulai pengerjaan renovasi pada Mei 2024.

“Untuk progres persentase pengerjaannya berbeda-beda, ada yang sudah 75 persen dan ada yang 24 persen. Tapi rata-rata progresnya lebih tinggi dari target yg ditetapkan setiap Minggu,” ujar Nasir.

Kata Nasir, pihaknya selaku PB PON wilayah Aceh terus mendorong dan mengawasi pelaksanaan renovasi setiap venue melalui koordinasi langsung dengan Kementerian PUPR, Kemendagri, Kemenpora dan Kemenko PMK.

“Dan sesuai dengan pernyataan Dirjen Cipta Karya PUPR, seluruh renovasi venue akan selesai pertengahan Juli 2024,” kata Nasir.

Di wilayah Aceh akan dipertandingkan sebanyak 33 cabang olahraga PON XXI dengan sebaran venue, di antaranya Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, Pidie, Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Tenggara, dan Aceh Barat.

Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah menyebut antusias masyarakat Tanah Rencong itu sangat tinggi menyambut PON XXI Aceh-Sumut, sehingga dirinya optimistis perhelatan akan berjalan lancar dan sukses. ant

Komentar