nusabali

Presiden Jokowi Sebut Ekosistem Kendaraan Listrik Segera Terbentuk

  • www.nusabali.com-presiden-jokowi-sebut-ekosistem-kendaraan-listrik-segera-terbentuk

JAKARTA, NusaBali - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia segera terbentuk seiring dengan pabrik industri baterai yang mulai berproduksi. Presiden pun mengaku senang karena pabrikan kendaraan listrik yang terus tumbuh.

“Nanti bulan depan itu yang namanya pabrik industri baterai sudah mulai berproduksi, sehingga kita harapkan ekosistem ini segera terbangun, segera terbentuk,” kata Presiden Jokowi usai meninjau pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show di JI-Expo Kemayoran Jakarta, Jumat (3/5) seperti dilansir Antara.

Kepala Negara menyebutkan bahwa saat ini sudah ada 59 pabrik yang memproduksi motor listrik, 5 pabrik mobil listrik, 1 pabrik bus listrik dan 1 pabrik produksi truk listrik.

Presiden juga meminta pembangunan ekosistem kendaraan listrik tidak menemui hambatan. “Ini bangunan besar ekosistem EV ini betul-betul harus kita jaga agar jangan sampai ada hambatan-hambatan. Saya kira goal nya ke sana,” kata Presiden.

Dalam peninjauannya, Presiden mengapresiasi pameran kendaraan listrik yang beragam jenisnya. Selain itu, Presiden juga menekankan besarnya peluang produksi motor listrik yang saat ini baru mencapai 100 ribu unit per tahun, sementara kapasitas produksi bisa mencapai 1,6 juta unit per tahun.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi tampak didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. 7 ant

Komentar