nusabali

SDN 1 Karangasem Sabet 2 Juara

Lomba Mapel di SMPN 2 Abang

  • www.nusabali.com-sdn-1-karangasem-sabet-2-juara

AMLAPURA, NusaBali - SDN 1 Karangasem menyabet dua gelar juara dalam lomba mata pelajaran di SMPN 2 Abang. Dua gelar ini diraih Ni Kadek Dewi Andika Indriyani untuk lomba IPS dan Putu Dhiragatha Nanda untuk lomba Matematika.

“Pesertanya cukup banyak, dari seratusan SD, banyak siswa berbakat persaingannya sangat ketat,” jelas Kasek SMPN 2 Abang Dr I Wayan Sarya, usai lomba di SMPN 2 Abang, Banjar Kebon, Desa Kerta Mandala, Kecamatan Abang, Karangasem, Jumat (3/5).

Nomor lomba mata pelajaran IPA dimenangkan,  Noah Elias Goutama dari SD Insan Mandiri Amlapura, juara II I Gede Arya Bagus Dibya Kusuma dari SDN 1 Karangasem dan Juara III Ni Putu Keisha Nathania Arsana dari SDN 4 Padangkerta, Kecamatan Karangasem.

Sedangkan juara II IPS Ni Ketut Andri Permata Sari dari SDN 1 Labasari, Kecamatan Abang dan juara III I Ketut Pramastaa Putra Andriana dari SDN 1 Karangasem.

Untuk juara II Matematika Alexia Mahayanai Putri Hartanto dari SD Insan Mandiri Amlapura dan juara III Dafa Okhana Wirawan  dari SD Insan Mandiri.

Lomba mata pelajaran untuk IPA dan IPS masing-masing 40 soal, sedangkan Matematika hanya 25 soal. “Semua pemenang itu saya undang di puncak HUT ke-32 SMPN 2 Abang, Minggu (5/5),” tambahnya.

Sekolah ini juga menggelar lomba non akademik, yakni melantunkan doa puja Tri Sandya, pidato, baca puisi, masatwa Bali, lomba gerak, dan lagu Pramuka. Lomba ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan kualitas pendidikan di Karangasem di tingkat SD, baik akademik maupun non akademik. Sejauh mana perkembangan kualitas pendidikan akan terungkap melalui hasil lomba.

Di samping bertujuan untuk memotivasi guru pembina, agar lebih optimal membina siswa-siswa berbakat, untuk dioptimalkan potensinya lebih lanjut. Sebab, jika telah tamat SD, nanti akan terbentang peluang untuk mengembangkan bakatnya, di tingkat SMP, karena ada lomba OSN (olimpiade sains nasional).

Nantinya yang meraih juara terbanyak dengan akumulasi skor tertinggi berhak atas piala bergilir Bupati Karangasem. Bupati I Gede Dana yang akan menyerahkan langsung piala tersebut, di puncak acara.

Di samping itu, lanjut I Wayan Sarya, pada puncak HUT SMPN 2 Abang, juga menampilkan para juara berbusana Kartini yang menggunakan pakaian berbahan sampah plastik. Sebab lomba itu merupakan inovasi pembelajaran IKMP5 (implementasi kurikulum merdeka proyek penguatan profile pelajar Pancasila) khususnya untuk pembelajaran, gaya hidup berkelanjutan.7k16

Komentar