nusabali

Pembukaan Sport Tourism di Kuta

  • www.nusabali.com-pembukaan-sport-tourism-di-kuta

KBST bersifat internasional, karena pesertanya diharapkan dari seluruh daerah di Indonesia dan luar negeri. Adapun tujuan kegiatan untuk meningkatkan prestasi atlet dari 10 cabor yang terlibat, utamanya atlet dari Badung dan Bali pada umumnya.

MANGUPURA, NusaBali
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Badung memilih Kecamatan Kuta menjadi lokasi pembukaan KONI Badung Sport Tourism (KBST) 2024. Wilayah Kuta dipilih karena menjadi jantung pariwisata Badung maupun Bali pada umumnya. Rencanya, dua cabang olahraga langsung menggelar event di tempat itu, yakni kabaddi dan bridge.

Ketua Umum KONI Badung, Made Nariana menjelaskan KBST digelar mulai Juni hingga Agustus 2024. Dalam rapat teknis dengan Pengurus Kabupaten 10 cabang olahraga yang terlibat, seluruhnya menyatakan siap menggelar  hajatan tahunan itu. Sedangkan pembukaan akan dilaksanakan di Gedung Seni Lotring, Kecamatan Kuta, Badung. 

"Semua cabor sudah siap. Jadi, nanti untuk pembukaan di Kuta dan dua cabor langsung dipertandingkan, yakni kabaddi dan bridge," kata Nariana, Kamis (2/5).

Menurut Nariana, KBST bersifat internasional, karena pesertanya diharapkan dari seluruh Indonesia dan luar negeri. Adapun tujuan kegiatan untuk meningkatkan prestasi atlet dari 10 cabor yang terlibat, utamanya atlet dari Badung dan Bali pada umumnya. 

"Selain itu, KONI Badung ingin dan ikut berkontribusi untuk pariwisata Badung dan Bali. Karena banyak atlet dari Bali, Indonesia dan luar negeri yang akan terlibat. Sehingga ini bisa mendongkrak kunjungan wisatawan," kata mantan Ketua KONI Bali ini.

Disinggung terkait jadwal, Nariana mengakui, ada beberapa cabor yang sudah mengeluarkan jadwal kegiatan. Untuk Cricket memilih lokasi di Lapangan Unud, Jimbaran dan berlangsung pada 5 - 10 Juni. Kemudian, cabor bridge di Ball Room Kuta Resort pada 13 - 16 Juni. Selanjutnya, Kabaddi di Gedung Lotring Kuta pada 13 - 18 Juni. Cabor Muaythai di GOR Perancak Tibubeneng pada 28 - 30 Juni, dan Bola Basket di Lapangan Basket Atlas Canggu pada 18 - 21 Juli. 

"Cabor Catur memilih Politeknik Unud dengan jadwal 29 - 30 Juni dan Taekwondo memilih Aula Politeknik Unud Jimbaran pada 25 - 28 Juli," kata Nariana, memerinci.

Sedangkan untuk Cabor Karate belum ditetapkan jadwal dan lokasinya. Cabor Selancar Ombak di Pantai Legian, Kecamatan Kuta, tapi waktu pertandingan belum ditetapkan. Namun akan tetap dilaksanakan akhir Juli 2024. 

Selanjutnya cabor Selam di Pantai Jerman, Kuta untuk kategori laut dan Kolam Renang Blahkiuh untuk kategori kolam. Pelaksanaannya pada 30 Juli - 4 Agustus, sekaligus menjadi acara Penutupan KONI Badung Sport Tourism. 

"Pada ajang KBST 2024 ini, seluruh rangakaian kegiatan dari cabor itu akan ditayangkan live streaming juga. Sehingga masyarakat yang berhalangan bisa menyaksikan event berlangsung," pungkas Nariana.dar

Komentar