nusabali

Semangat Vasudhaiva Kutumbakam Wujudkan Denpasar Maju

Walikota Buka Musrenbang RPJPD Denpasar 2025–2045

  • www.nusabali.com-semangat-vasudhaiva-kutumbakam-wujudkan-denpasar-maju

DENPASAR, NusaBali - Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Denpasar Tahun 2025–2045, di Ruang Taksu Dharma Negara Alaya, Lumintang, Denpasar Utara, Selasa (30/4).

Musrenbang ini untuk menghimpun aspirasi dan masukan masyarakat terhadap visi, misi, tujuan, sasaran, arah kebijakan, dan program pembagunan daerah. Penyusunan perencanaan ini tidak terlepas dari aspirasi kelompok masyarakat yang memiliki kompetensi yang relevan terhadap permasalahan pembangunan dan isu strategis Denpasar. 

Hadir di acara ini, Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Forkopimda, kepala OPD.

Jaya Negara dalam sambutanya mengatakan, RPJPD Denpasar 2025–2045 merupakan dokumen perencanaan yang akan menjadi pedoman, arah, dan landasan penyelenggaraan pembangunan daerah untuk periode dua puluh tahun ke depan. RPJPD akan memuat visi, misi, sasaran pokok, dan arah kebijakan pembangunan daerah, yang diselaraskan dengan RPJPD Provinsi Bali serta RPJP nasional untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Salah satu tahapan penting dalam penyusunan dokumen perencanaan dua puluh tahunan ini dalah musrenbang yang bertujuan untuk membahas rancangan RPJPD Kota Denpasar 2025-2045. Langkah ini dalam rangka penajaman visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok RPJPD Denpasar 2025-2045 sesuai koridor yang telah ditentukan. 

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada adik-adik generasi muda dan komunitas kreatif yang akan menjadi pelaku pembangunan di masa depan yang turut serta berbagi pandangan, ide, dan gagasan tentang pembangunan Kota Denpasar,” ujar Jaya Negara.

Jaya Negara juga mengajak membentuk masa depan Kota Denpasar menjadi kota yang lebih baik dan milik semua. Dengan sinergi dan kolaborasi yang baik antara pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat dapat mewujudkan pembangunan di Kota Denpasar yang maju dan sejahtera. 

“Saya yakin kita dapat mewujudkan Kota Denpasar yang berbudaya, maju, sejahtera, dan berkelanjutan dengan semangat vasudhaiva kutumbakam, menyama braya bergotong royong guna mencapai tujuan bersama,” ucapnya.

Kepala Bappeda Denpasar I Putu Wisnu Wijaya Kusuma, mengatakan musrenbang ini melibatkan pemangku kepentingan, meliputi pemda, DPRD, tokoh masyarakat, akademisi, asosiasi usaha, lembaga swadaya masyarakat, perwakilan/kelompok perempuan, perwakilan anak, dan pemangku kepentingan terkait. 

“Pada musrenbang kali ini kami juga melibatkan narasumber dari Bappeda Provinsi Bali, untuk mengetahui arah kebijakan pembangunan dan rencana jangka panjang Provinsi Bali,” kata Wisnu. @ mis

Komentar