nusabali

Pilkada Tabanan, PDIP Setor 5 Nama Kandidat

Kari Subali Gandeng Ismaya di Pilkada Karangasem

  • www.nusabali.com-pilkada-tabanan-pdip-setor-5-nama-kandidat

TABANAN, NusaBali - Pasca dilakukan penjaringan kandidat Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup), DPC PDIP Tabanan telah lakukan rapat pleno pada, Selasa (30/4). Dalam rapat pleno itu diputuskan sebanyak lima kader yang mendaftar Cabup-Cawabup untuk Pilkada Tabanan 2024 akan disetorkan ke DPD PDIP Bali dan selanjutnya diteruskan ke DPP PDIP.

Seperti diketahui dalam penjaringan ini, sebanyak dua orang kader mendaftar pada posisi Cabup, yakni I Komang Gede Sanjaya selaku incumbent atau Bupati Tabanan saat ini dan I Nyoman Mulyadi Ketua PAC PDIP Kediri yang juga seorang pengusaha ini. Kemudian di posisi Cawabup ada tiga orang, yakni I Made Edi Wirawan (incumbent, Wakil Bupati Tabanan saat ini). Kemudian I Made Dirga, Ketua DPRD Tabanan dan I Gede Purnawan kader PDIP asal Desa Padangan, Kecamatan Pupuan yang juga anggota DPRD Tabanan.
 
Sekretaris DPC PDIP Tabanan, I Nyoman Arnawa menegaskan rapat pleno penetapan bakal Cabup-Cawabup di internal PDIP sudah dilakukan. Ada lima kandidat yang sudah diplenokan untuk selanjutkan disetorkan ke DPD PDIP Bali. "Lima kandidat sudah klop, dua mendaftar cabup dan tiga orang cawabup," jelasnya, Rabu (1/5). 

Sekretaris DPC PDIP Tabanan, Nyoman Arnawa. –DESAK SUMBERWATI 

Disebutkan, penyetoran nama tersebut bakal dilakukan, Kamis (2/5) hari ini oleh pengurus. Selanjutnya nanti tinggal menunggu arahan pusat. "Masalah siapa yang nanti dapat rekomendasi akan menjadi urusan pusat. Kita di DPC hanya menjalankan perintah untuk melakukan penjaringan," katanya. Disinggung apakah DPC PDIP Tabanan bakal membuka kembali kandidat yang ingin mendaftar? Arnawa menyebutkan tidak ada nama susulan. Sebab penjaringan atau pengambilan dan penyetoran formulir telah dibuka selama sepekan. "Nama-nama yang sudah ambil dan setorkan formulir yang dikirim. Selanjutnya tinggal menunggu arahan," tandas Arnawa yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Tabanan ini. 

Sementara jelang Pilkada Karangasem 2024, muncul kandidat pasangan Cabup-Cawabup dari jalur perseorang (independen), yakni I Wayan Kari Subali dan Ketut Putra Ismaya Jaya alias Jro Bima. Paket ‘Karisma’ ini dideklarasikan di Posko Pemenangan, Jalan Untung Surapati Amlapura, Selasa (30/4).

Kari Subali dalam acara deklarasi tersebut mengungkapkan dirinya memilih berpasangan dengan Jro Bima, karena sejak lama cocok berjuang di bidang sosial. "Saya cocok dari dulu, sama-sama berjuang di bidang sosial, makanya tidak sulit menyesuaikan. Apalagi sama-sama memiliki dukungan riil di masyarakat," ujar politisi asal Banjar Banyuning, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem yang kini masih menjadi anggota DPRD Bali dari Partai NasDem ini. Kari Subali sendiri kariernya berawal menjadi anggota DPRD Karangasem dari PDIP masa bhakti 1999-2004, dan 2004-2009, anggota DPRD Bali dari PNI Marhaenisme 2009-2014, anggota DPRD Bali dari Partai NasDem masa bhakti 2014-2019 dan 2019-2024.

Sementara Pendiri Yayasan Ksatria Keris Bali, Jro Bima mengaku sebelum menghadiri acara deklarasi, dihubungi tim Kari Subali agar hadir. "Saya tertarik bergabung, karena salah satu visi dan misinya, anti korupsi berarti menginginkan Karangasem bersih, dan masyarakatnya sejahtera," jelas Jro Bima. Dipercaya sebagai pendamping Kari Subali, Jro Bima berjanji berjuang optimal sembari mengingatkan, berjuang agar tidak perlu melihat imbalan sesaat, tetapi berjuang secara tulis ngayah menjalankan karma. Terlebih lagi katanya potensi alam Karangasem dijadikan modal untuk maju sangat besar.

Pasangan ini pun optimis bisa mengumpulkan minimal 40.000 fotokopi KTP dukungan untuk maju di Pilkada Karangasem 2024 dari jalur independen. Berdasarkan ketentuan dari KPU Karangasem dukungan dari jalur perseorangan minimal menyetorkan 33.052 fotokopi KTP. 7 des, k16

Komentar