nusabali

Putu Wima Ketua OSIS SMPN 2 Amlapura

  • www.nusabali.com-putu-wima-ketua-osis-smpn-2-amlapura

AMLAPURA, NusaBali - Siswi kelas XIII/7 SMPN 2 Amlapura Putu Wima Kandidirva, memenangkan pemilihan Ketua OSIS SMPN 2 Amlapura saat Pemilos (Pemilihan OSIS) dengan 492 suara di sekolah setempat, di Jalan Sudirman, Amlapura. Selasa (30/4). Pemilos memunculkan 3 kandidat, dua kandidat lainnya, Tjokorda Gede Pramajaya Pemayun kelas VIII/11 dan I Nyoman Trinayana kelas VIII/11.

Tercatat 1.337 pemilih, terdiri dari siswa, guru dan pegawai. Saat pemilihan hadir hanya 1.212 pemilih dan tidak hadir 125 pemilih. Setelah pemilihan, Putu Wima Kandidirva meraih 492 suara, Tjokorda Gede Pramajaya Pemayun sebanyak 432 suara dan I Nyoman Trinayana meraih 277 suara. 11 suara tidak sah.

Proses pemilihan OSIS berlangsung sejak Februari 2024, awalnya mendaftar 5 kandidat setelah diseleksi, hanya lolos 3 kandidat. Dari 3 kandidat itu, menyampaikan program kerjanya, termasuk visi dan misi sebagai calon Ketua OSIS, di hadapan seluruh siswa, saat masa kampanye guna meyakinkan calon pemilih untuk meraih dukungan.

Kasek SMPN 2 Amlapura I Kadek Wirawan mengatakan, pemilihan Ketua OSIS tersebut juga merupakan bagian dari kegiatan IKMP5 (implementasi kurikulum merdeka, proyek penguatan profile pelajar Pancasila), program suara demokrasi. Sehingga siswa merasakan langsung berdemokrasi yang baik dan benar dalam prakteknya, memilih calon pemimpin berdasarkan hati nuraninya tanpa tekanan.

"Ini aksi nyata siswa, ada yang ambil bagian sebagai panitia, sebagai peserta dan sebagai pemilih untuk menyalurkan hak pilihnya sesuai hati nurani tanpa tekanan," kata Kadek Wirawan.

Pemilih nyoblos tanpa gambar. "Rencananya, dalam waktu dekat, Sabtu dan Minggu menggelar orientasi kepemimpinan OSIS, agar calon pengurus tahu bidang tugasnya," jelasnya.

Misalnyam, tugas sebagai sekretaris sebagai bendahara dan bidang-bidang lainnya, sehingga yang duduk sebagai pengurus memahami tugas-tugasnya mereka. Selanjutnya setelah pengurus terbentuk, berlanjut menggelar acara pelantikan serah terima jabatan kepada Ketua OSIS, jabatan Ketua OSIS sebelumnya Ni Putu Tarania Tatik Nareswari kelas IX/3.

Putu Mima mengaku menanggung beban setelah dapat kepercayaan sebagai Ketua OSIS SMPN 2 Amlapura, untuk mengimplementasikan visi dan misinya selama setahun ke depan. "Saya buat visi dan misi sesuai kebutuhan sekolah, faktanya banyak siswa berbakat bermain game, saya akan wadahi," jelas alumnus SDN 7 Ababi yang berasal dari Banjar Sadimara, Desa Ababi, Kecamatan Abang.

Memimpin OSIS, katanya, selain menjadi tantangan juga banyak manfaatnya untuk mematangkan diri melalui organisasi, juga berupaya menghargai pendapat orang lain, sehingga demokrasi berjalan optimal. "Setidaknya berusaha agar jadi pemimpin yang baik selama setahun ke depan," lanjut siswi kelahiran 9 September 2009, yang bercita-cita jadi dokter.7k16

Komentar