nusabali

MEC Vol 1 FEB UNMAS Beri Tantangan Bisnis bagi Gen Z

  • www.nusabali.com-mec-vol-1-feb-unmas-beri-tantangan-bisnis-bagi-gen-z

DENPASAR, NusaBali.com - Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar (UNMAS) menyelenggarakan Management Entrepreneur Competition (MEC) Vol. 1 dengan tema ‘Preparing SIAP (Smart, Intelligent, Adaptive, Progressive) Gen Z to Face the Challenges of Business Management’.

Acara yang berlangsung pada 24-25 April 2024 secara daring ini diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK se-Bali dan mendapat respons positif dari kalangan civitas akademika UNMAS.

Ketua Program Studi Manajemen UNMAS, Dr Ni Made Dwi Puspitawati SE MM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa MEC Vol. 1 bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi generasi muda dalam mengasah kreativitas dan kemampuan bisnis melalui dua kompetisi, yaitu Business Plan Competition dan Poster Competition.

"Diharapkan dengan adanya MEC Vol. 1 ini, para siswa dapat mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif dan mampu mengomunikasikan konsep bisnisnya dengan efektif," kata Dr Puspitawati.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNMAS, Dr Putu Kepramareni SE MM, yang membuka kegiatan pada 24 April, mengapresiasi terselenggaranya MEC Vol. 1. 

Menurutnya, kegiatan ini menjadi wadah bagi generasi muda untuk menunjukkan kemampuan dan potensinya dalam bidang bisnis.

Business Plan Competition yang dilaksanakan pada Kamis (25/4/2024) diikuti oleh tim-tim dari berbagai sekolah dengan berbagai ide bisnis yang kreatif dan inovatif. 

Lomba kali ini menghadirkan Dosen Program Studi Manajemen FEB UNMAS Denpasar Daniel Manek SFil SM MM sebagai juri. 

Sebelumnya, Poster Competition yang digelar pada Rabu (24/4/2024) juga tak kalah menarik. Para peserta menuangkan ide-idenya tentang bagaimana generasi Z dapat menghadapi tantangan bisnis di era digital melalui poster yang kreatif dan informatif.

Lomba ini menghadirkan juri Alumni Mahasiswa Program Studi Manajemen FEB UNMAS Denpasar yaitu I Putu Kevin Guatama SM. 

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, berikut adalah para pemenang MEC Vol. 1:


Business Plan Competition
  • - Juara 1: SMA Negeri 7 Denpasar dengan proposal ‘NATURE SUDS (Paper Soap From Lerak with Essential Oil Mango (Mangifera Indica), Pineapple (Ananas Comosus), And Lime (Citrus Aurantifolia): Sebagai Usaha Industri Kreatif Eco Green Concept Berbasis Sociopreneur.’
  • - Juara 2: SMK TI Bali Global Denpasar dengan proposal ‘Solusi Kreatif Mengubah Paradigma Sampah Melalui Aplikasi Buangin di Era Digital’
  • - Juara 3: Tim lin’Tea dengan proposal ‘Teh Kulit Manggis: Mendukung Petani Lokal dan Meningkatkan Kesehatan Masyarakat’


Poster Competition
  • - Juara 1: Ni Putu Windy Agesta Pratami dengan judul karya ‘Teknologi: Kuncinya Masa Depan Ekonomi Indonesia’
  • - Juara 2: Pande Made Dwi Hasta Wiguna dengan judul karya ‘Menciptakan Generasi yang Berjiwa Kreatif dan Inovatif’
  • - Juara 3: Ni Kadek Prita Gayatri Dewi dengan judul karya ‘Majukan Perekonomian Indonesia melalui UMKM Go Digital’

MEC Vol. 1 diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para peserta, yaitu:
  • -Meningkatkan kreativitas dan kemampuan bisnis
  • -Mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif
  • -Mampu mengomunikasikan konsep bisnis dengan efektif
  • -Memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru dalam bidang bisnis
  • -Memperluas jaringan pertemanan dan profesional
  • -Kontribusi UNMAS untuk Generasi Muda

Penyelenggaraan MEC Vol. 1 merupakan salah satu bukti komitmen UNMAS dalam memberikan kontribusi bagi generasi muda. UNMAS akan terus berupaya untuk menyelenggarakan program-program yang bermanfaat bagi pengembangan potensi generasi muda.

Komentar